Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu guru honorer sekolah dasar di Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang yang berjumlah 67 orang. Penelitian ini menggunakan skala psychological well-being, dengan jumlah item 57 yang valid dengan koefisien alpha cronbach reliabilitasnya sebesar 0,950. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan metode statistik deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar atau 61,2 persen (41 orang) menyatakan dirinya memiliki psychological well-being pada kriteria sedang. Sedangkan yang termasuk dalam kriteria tinggi hanya sebesar 7,5 persen (5 orang), dan kriteria rendah sebesar 31,3 persen (21 orang). Dari enam dimensi psychological well-being yang diteliti, yaitu dimensi penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, otonomi, penguasaan lingkungan, tujuan hidup, dan pertumbuhan pribadi berada pada kategori yang sedang.

 

Abxtract. This research is descriptive quantitative research. Population in this research used total sampling is all school honorer teacher in Kec. Wonotunggal Kab. Batang, amount of 67 subject. This research used psychological well-being scale, amount of 57 valid items with realiability coefficient alpha cronbach of 0,950. Analyze method used descriptive analyze with percentage descriptive statistique method. The result of research showed all of or 61,2 % (41 person) have psychological well-being on average criteria. The high criteria is 7,5 % (5 person), and low criteria of 31,3 % (21 person). From 6 dimention of psychological well-being which have been study, the dimension self acceptance, positive relationship to others, otonomy, environmental bend, life purpose, and personal grow is on average criteria.