Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolali, yang kemudian terbagi menjadi dua kelompok yaitu mengikuti bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar. Jumlah sampel yaitu sebanyak 100 siswa. Untuk memperoleh sampel yang representatif, maka kelompok siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar diambil sejumlah 50 siswa dengan teknik simple random sampling. Data penelitian diambil menggunakan skala self-efficacy yang terdiri dari 26 aitem. Skala self-efficacy mempunyai koefisien validitas aitem antara 0.315 sampai dengan 0.707 dan koefisien reliabilitas sebesar 0.924 Metode analisis data menggunakan teknik komparasi T-Test Two Independent Sample dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows diperoleh nilai t = 6,230 dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada self-efficacy siswa dalam menghadapi ujian nasional antara siswa yang mengikuti bimbinngan belajar dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Self-efficacy siswa dalam menghadapi ujian nasional yang mengikuti bimbingan belajar lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar.

 

This study is a comparative quantitative study. The population of this study is the eighth grade students of Junior High School 1 Boyolali, which is then divided into two groups to join and not join the tutoring. Total of samples is 100 students. To obtain a representative sample, the group of students who not joining the tutoring 50 students were taken by simple random sampling technique. The data were taken using the self efficacy scale consisted of 26 item. Self-efficacy scale has a coefficient of item validity between 0.315 to 0.707 and a reliability coefficient of 0924. Methods of data analysis using comparative technique T-Test Two Independent Sample with SPSS 16.0 for Windows was obtained value of t = 6.230 with a significance value of 0.000 (p <0.05), the results showed that there were significant differences in students' self-efficacy in facing national examination among students who joining tutoring with students who not joining the tutoring. Self-efficacy of students who joining the tutoring higher than students who not joining the tutoring.