Ardianto, P. (2018). Gejala Kecemasan Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9(2), 87–91. https://doi.org/10.23887/XXXXXX-XX-0000-00
Deviyanthi, N. M. F. S., & Widiasavitri, P. N. (2016). Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Kecemasan Komunikasi dalam Mempresentasikan Tugas di Depan Kelas. Jurnal Psikologi Udayana, 3(2), 342–353. https://doi.org/10.24843/jpu.2016.v03.i02.p16
Fahmi, A., Suteja, S., & Suklani, S. (2019). Pengaruh Pemberian Tugas Hafalan Terhadap Kemampuan Menghafal Siswa Pada Bidang Studi Alqur’an Hadits Di Mts Hidayatus Shibyan Desa Kecomberan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 198–209. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v4i1.3923
Fitriyanti, K., & Wilani, N. M. (2019). Pengaruh pelatihan efikasi diri terhadap tingkat kecemasan berkomunikasi pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 771–781.
Furr, R. M. (2014). Confirmatory Factor Analysis. Scale Construction and Psychometrics for Social and Personality Psychology, 91–109. https://doi.org/10.4135/9781446287866.n8
Kasih, D., & Sudarji, S. (2012). Hubungan self efficacy terhadap kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa program studi psikologi Universitas Bunda Mulia. Jurnal Psibernetika, 5(2), 46–58.
Lailatul Fiqriyah. (2020). Hubungan Efikasi Diri dengan Kecemasan Akademik pada Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Nurul Furqon Wetan Pasar Besar Klojen Malang.
Landujawa, M., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Self-efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Etnis Sumba. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1–7.
Listiyani, W. L., Machmuroch, & Hardjono. (2013). Kecemasan Berbicara di Kelas di Tinjau dari Komunikasi dalam Keluarga dan Self Efficacy pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Widodaren Kabupaten Ngawi. E-Journal, 4(1), 21–27.
Maisaroh, E. N., & Falah, F. (1970). Religiusitas Dan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional (Un) Pada Siswa Madrasah Aliyah. Proyeksi, 6(2), 78. https://doi.org/10.30659/p.6.2.78-88
Muh. Irawan Zuliatul Apri, & H. Hakkul Yakin. (2021). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i1.8
Nadishabani, H., Septian, E., & Supriatna, M. R. (2021). Gambaran self efficacy siswa di mts nurul hidayah 1. 4(5), 356–366.
Noor, M., Septora, R., & Ramadhani, D. (2020). KECEMASAN KOMUNIKASI (Studi Kasus State Madrasah Aliyah 1 Lampung Timur). 1(December), 9–23.
Novferma, N. (2016). Analisis kesulitan dan self-efficacy siswa SMP dalam pemecahan masalah matematika berbentuk soal cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 76–87. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.10403
Nugraha, I. F., & Prabawati, M. N. (2019). Self Efficacy Siswa Kelas XI dalam Pembelajaran Matematika di SMKS Sukapura. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 281–286.
O’Connor, F. (2008). Frequently asked questions about academic anxiety. The Rosen Publhising Group.
Priyanti, S. Y., Mardi, M., & Fauzi, A. (2021). Analisis kecemasan akademis melalui self efficacy dan dukungan sosial pada siswa SMK jurusan akuntansi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 758–769. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/440
Purwanto, E. (2020). Model Trisula Motivasi Berprestasi. UNNES Press.
Qudsyi, H., & Putri, M. I. (2016). Self-efficacy and Anxiety of National Examination among High School Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 268–275. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.082
Rahayu, A. P. (2019). Self Efficacy dan Kaitannya dengan Kecemasan saat Presentasi di Depan Kelas yang dialami oleh Mahasiswa. Jurnal Paradigma, 8(1), 35–49.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALfabeta, cv.
Utomo, H. (2012). Hubungan Antara Kematangan Emosi dan Self Efficacy degan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa.
Variansyah, V., & Listiara, A. (2017). Hubungan Orientasi Tujuan Performa Dengan Kecemasan Akademik Pada Siswa Kelas X Di Sma Negeri Âaâ Semarang. Empati, 6(1), 419–424. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15178