FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PKK PRODI TATA BUSANA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa PKK Prodi Tata Busana angkatan 2011 UNNES. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengambilan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Populasi ini adalah Mahasiswa Jurusan PKK Prodi S1 Pendidikan Tata Busana angkatan 2011 yang terdiri dari 55 mahasiswa yang belum lulus dan sudah mengambil mata kuliah kewirausahaan dan PU. Nilai persentase untuk di tarik kesimpulan dan di gunakan sebagai dasar mengklarifikasikan hasil perhitungan persentase tentang minat berwirausaha. Tingginya minat tersebut di ketahui dari faktor internal yang terdiri dari indikator kebutuhan akan pendapatan, harga diri dan perasaan senang dan faktor eksternal yang terdiri dari indikator keluarga, lingkungan masyarakat, dan peluang. Dukungan tiap indikator terhadap minat berwirausaha mahasiswa Prodi Tata Busana angkatan 2011 adalah sebagai berikut: indikator kebutuhan akan pendapatan memberikan dukungan minat berwirausaha yang paling tinggi di antara indikator-indikator lainnya yaitu sebesar 83,8%, selanjutya di ikuti indikator lingkungan masyarakat sebesar 79,5%, indikator harga diri sebesar 78,9%, indikator lingkungan keluarga sebesar 78,0%, indikator peluang 75,2%, dan indikator perasaan senang sebesar 74,8%.