KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN BUKU KERJA (WORKBOOK) PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DESAIN BUSANA SISWA KELAS XI SMK N 1 DEMAK
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui apakah buku kerja (workbook) valid dan layak digunakan mata pelajaran Desain Busana 2) Mengetahui apakah penggunaan buku kerja (workbook) efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan 3) Mengetahui seberapa besar keefektifan penggunaan buku kerja (workbook) terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan One Group Pretest- Posttest Design. Sampel penelitian menggunakan random sampling kelas yaitu siswa kelas XI BB 1. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data penelitian menggunakan uji-t. Besarnya peningkatan hasil belajar dihitung menggunakan Uji Gain Scores diperoleh 0,31 atau 31% dengan kriteria sedang. Hasil penelitian berdasarkan uji-t diperoleh thitung=12,07>ttabel=2,040 maka hipotesis diterima. Kesimpulan yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan buku kerja (workbook). Saran yang diajukan adalah guru harus memotivasi belajar dan memberi arahan yang jelas selama pembelajaran menggunakan buku kerja (workbook) agar siswa dapat menyelesaikan buku kerja (workbook) sesuai ketentuan.