EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN MUATAN LOKAL BORDIR PADA SISWA TATA BUSANA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 KENDAL
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
SMK Negeri 1 Kendal merupakan SMK yang menjadikan mata pelajaran muatan lokal bordir sebagai muatan lokal. Tujuan pemberian muatan lokal bordir supaya siswa mengenal dan paham tentang bordir yang menjadi potensi khas dari Kendal, siswa dapat mengidentifikasi desain atau hiasan bordir, dapat mengoperasikan mesin bordir, dan siswa dapat membordir. Kegiatan belajar muatan lokal bordir diadakan pada hari Rabu dan Sabtu setelah jam pelajaran selesai. Kegiatan pembelajaran muatan lokal bordir dilakukan selama 2 jam pelajaran dan siswa menggunakan mesin bordir secara bergantian. Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui pembelajaran mata pelajaran bordir bisa dikatakan efektif atau tidak di SMK Negeri 1 Kendal, Untuk mendeskripsikan upaya belajar siswa dan guru yang efektif pada pembelajaran mata pelajaran muatan lokal bordir di SMK Negeri 1 Kendal.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Kendal. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data.
Abstract
Vocational high school 1 Kendal is the one of vocational high school that create embroidery extra lesson as an extra lesson. The purpose of Embroidery lesson to make students know and understand embroidery which has been an potential icon of Kendal city, students are able to identify, students are able desaign or embroidery ornament. This lesson held on Wednesday and Saturday after the learning time. Learning activities for local content embroidery done about 2 hours of lessons and students use embroidery machine in turn. The purpose of this research is: to measure embroidery lesson can be held effective or not in Vocational High School 1 Kendal, To describe an effective effort in the learning students and teacher of embroidery lesson in Vocational High School 1 Kendal.The research method that used is qualitative. The research location is in the Vocational High School 1 Kendal. The data collection is done with observation method, interview and documentation. The investigation of validity data use triangulation technique, source and technique. The data analysis is done through several steps such as collecting data, reducting data, presenting data, conclusion or verification data.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Daft, Richard L. 2006. Management-manajemen. Jakarta: Penerbit Salemba Empat
E.Mulyasa, 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar, 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Margono,S. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Rifa’i RC Ahmad, Tri anni Catharina. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D . Bandung: ALFABETA