PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS LABORATORIUM KETRAMPILAN TATA BUSANA TERHADAP HASIL BELAJAR TATA BUSANA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BRANGSONG KENDAL 2012
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh minat belajar dan fasilitas laboratorium ketrampilan tata busana terhadap hasil belajar tata busana siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bransong Kendal 2012. Dan mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar dan fasilitas laboratorium ketrampilan tata busana terhadap hasil belajar tata busana siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bransong Kendal 2012. Sampel sebanyak 140 siswa, variabel (X) : Minat Belajar dan Fasilitas Laboratorium ketrampilan tata busana dan variabel (Y) : Hasil Belajar. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah Observasi , Dokumentasi dan Angket. Analisis yang di gunakan adalah deskriptif data dan analisa regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar siswa sebesar 84% berada pada kategori sangat tinggi dan fasilitas laboraturium yang dimiliki di SMP Negeri 1 Brangsong Kendal sebesar 81% berada pada kategori baik. Kesimpulan ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan fasilitas laboraturium ketrampilan tata busana terhadap hasil belajar tata busana siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Brangsong Kendal 2012. Besarnya pengaruh minat belajar dan fasilitas laboraturium ketrampilan tata busana terhadap hasil belajar tata busana siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Brangsong Kendal 2012 sebesar 32%.
Abstract
This study aimed to determine whether there is an influence learning and laboratory facilities skill order clothing learning outcomes fashion eighth grade students of SMP Negeri 1 Bransong Kendal 2012. And knowing how much influence learning and laboratory facilities skill order clothing learning outcomes fashion eighth grade students of SMP Negeri 1 Bransong Kendal 2012. Sample of 140 students, the variable (X): Interest and Learning Laboratory Facility Skill Order Clothing and variable (Y): Learning Outcomes. Data collection methods used are observation, documentation and Questionnaire. The analysis used is descriptive data and regression analysis. Results showed student interest by 84% in the category of very high and laboratory facilities are owned in SMP Negeri 1 Brangsong Kendal by 81% in the category of good. Conclusion There is a significant influence between learning and laboratory facilities skill order clothing learning outcomes fashion eighth grade students of SMP Negeri 1 Brangsong Kendal 2012. And the influence of learning and laboratory facilities skill order clothing learning outcomes fashion eighth grade students of SMP Negeri 1 Brangsong Kendal 2012 by 32%.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Catarina Tri Ani,dkk.2004.Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKDK UNNES
DEPDIKBUD.2003.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka
Depdiknas. 2006. Panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar Menengah. Jakarta: BSNP
Euis Ratna Dewi .2000. Keslamatan dan Kesehatan Kerja di Ruang Praktek Busana. Pusat Pengembangan Penataan Guru Kejuruan Departemen Pndidikan Nasional bekerja sama dengan Derektorat Pembinanan Perguruan Departemen Agama
Endang Tri Astuti, 1990.Pengantar Psikologi. Semarang: UPT MKDK UNNES
Fakultas Teknik. 2011. Buku Panduan Penulisan Skripsi Universitas Negeri Semarang. Semarang: UNNES Press
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Peraturan Pemerintah No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika.
Saifuddin Azwar. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar
Slameto.2002. Belajar (faktor – faktor yang mempengaruhinya), Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Sumarjo.2005. Manajemen Laboratorium (Pelatihan Tenaga Teknisi Laboran LPTK). Yogyakarta: Falkultas Teknik UNY
Tim penyusun MGMP muatan lokal. 1998. Ketrampilan Tata Busana. Semarang.
Sugiono.2003.Statistika Untuk Penelitian, Bandungt: ALFABETA
Undang-undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafik
WJ.Winkel.1990.Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Pembelajaran,Jakarta:’ Gramedia