FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN PADA BUSANA DI SMK NEGERI 2 TEMANGGUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Eni Karimah

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intern (faktor yang bersumber dari dalam diri siswa) dan faktor ekstern (faktor yang bersumber dari luar siswa). Penelitian ini adalah penelitian pendidikan, variabel penelitian ini faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran membuat hiasan pada busana di SMK Negeri 2 Temanggung. metode penelitian yang digunakan yaitu metode angket, observasi, dan dokumentasi. Validitas instrumen yang di gunakan adalah rumus korelasi product moment dan reabilitas interumen yang  digunakan adalah reliabilitas internal dengan menggunakan rumus Alpha. Metode analisis data yang di gunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan faktor-faktor  (faktor internal dan faktor eksternal) berpengarruh terhadap hasil belajar, dan mempunyai pengaruh tinggi terhadap hasil  belajar siswa pada mata pelajaran membuat hiasan pada busana, kelas X Busana di SMK Negeri 2 Temanggung. dengan persentase 77,33% yang diperoleh dari total persentase skor.

Result of Learning are influenced by two kinds there are internal factors (factors that originates from within the students) and external factors (factors originating from outside the student). This research is education research, the object of this research is class X Busana of SMK Negeri 2 Temanggung. Research method used method of inquiry, observation, and documentation. The validity of the instruments used product moment correlation formula and reliability intruments used internal reliability used the Alpha formula. Data analysis method using descriptive percentages. Results of this study showed, all factors that influence learning result (internal factors and external factors) truthly impact result of learning on subjects make decorations of cloth in class X Busana SMK Negeri 2 Temanggung. The Percentage is 77.33%  that obtained from the total percentage score.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hutapea, Flora. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Membuat hiasan Busana SMK Negeri 8 Medan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9 (2) : 137

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudira, putu MP. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMK

Sudjana,Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Rineka Cipta
--------, 2003. Undang-Undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika

----------,2008. Kurikulum Spektrum Mata Pelajaran Membuat Hiasan Pada Busana SMK Negeri 2 Temanggung.