Keefektifan Modul Pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Membuat Pola Siswa Tata Busana SMK NU Miftahul Falah

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anggita Fortuna Dewi
Sri Endah Wahyuningsih
Wulidah Ning

Abstract

KEEFEKTIFAN MODUL PADA HASIL BELAJAR
MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA
SISWA TATA BUSANA SMK NU MIFTAHUL FALAH
Anggita Fortuna Dewi*)a, Sri Endah Wahyuningsih,*)b
Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Gedung E7 Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang 50229
Email: [email protected]


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1)Mengetahui apakah modul valid dan layak digunakan pada mata pelajaran Membuat Pola 2)Mengetahui berapa besar keefektifan modul terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Membuat Pola. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research And Development) menggunakan One Group Pretest- Posttest Design dengan populasi siswa kelas X Tata Busana dengan jumlah 23 siswa. Sampel penelitian menggunakan sampling jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data penelitian menggunakan uji-t. Besarnya peningkatan hasil belajar dihitung menggunakan Uji Gain Scores diperoleh 0,43 atau 43% berkriteria sedang. Hasil penelitian berdasarkan uji-t diperoleh thitung= 12,81 > ttabel=2,040 maka hipotesis diterima. Kesimpulan yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Membuat Pola menggunakan modul.
Kata Kunci : Modul, Hasil Belajar, Membuat Pola


Abstract
This study aims to 1) Find out if module is valid and worthy to use the subject of Pattern Making. 2) Know how big is the effectiveness of the use of module againts the result of the study on Pattern Making subjects. This research is a R&D (Research and Development) using One Group Pretest- Posttest Design with population the students class X Fashion with a total of 23 students.The sampling using total sampling. Method of collecting data using tests method, observasion, documentation, and question form. The analysis of research data using t-test. The magnitude of the increase in the result of the study were calculated using the Gain Scores test obtained 0.43 or 43% with moderate criteria. Result of research based on t-test is obtained tc=12,81>ttable=2,040 thus hypothesis accepted. The conclusion obtained is that there is an increase in learning outcomes using the module on Pattern Making subject.
Keyword: The module, Learning Outcomes, Pattern Making


*)aAlumni Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, UNNES
*)bStaff Pengajar Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, UNNES

##plugins.themes.academic_pro.article.details##