Analisis Konjoin untuk Mengidentifikasi Preferensi Konsumen terhadap Busana Pesta di Butik Fenny Chen
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Dewasa ini selera masyarakat terhadap busana khususnya busana pesta mengalami perubahan yang sangat cepat baik dari segi siluet, bahan, warna, hingga tekstur busana. Berdasarkan survey yang yang lakukan di beberapa butik di Kota Semarang, banyaknya desain seiring berjalannya era tentu membuat konsumen fashion mengingkan desain yang sesuai. Sebagian konsumen sebuah butik bahkan telah memiliki presepsi tersendiri untuk busana yang diinginkannya, mulai dari bahan, warna, bentuk siluet, hingga tekstur busana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana preferensi konsumen terhadap busana pesta. Penelitian ini menggunakan teknik statistik inferensial dengan teknik analisis konjoin, dimana data sample yang diambil adalah preferensi konsumen Butik Fenny Chen sebanyak 65 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kuesioner sesuai dengan teknik pengambilan data analisis konjoin. Hasil dari penelitian ini adalah dengan diketahuinya busana pesta yang paling diinginkan konsumen Butik Fenny Chen adalah busana pesta dengan siluet A line, berbahan tile, berwarna lembut, dan bertekstur mengkilap. Dalam memilih busana pesta, konsumen cenderung mementingkan bahan busana terlebih dahulu dengan nilai kepentingan sebesar 29.149%, kemudian diikuti oleh warna busana dengan nilai kepentingan sebesar 27.667%, kemudian siluet busana dengan nilai kepentingan sebesar 23.203%, dan yang terkahir baru mementingkan tekstur busana dengan nilai kepentingan sebesar 19.98%. Pada output korelasi untuk mengukur predictive accuracy didapat nilai korelasi yang tinggi dan signifikan.