ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA TATA BUSANA TERHADAP FASILITAS BELAJAR BUSANA BUTIK SMK NEGERI 5 KENDAL

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

SYAHAR BANIN
WULANSARI PRASETYANINGTYAS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui infrastruktur dan fasilitas yang diperlukan untuk mendukung pengajaran dan pembelajaran disekolah, termasuk area studi yang ramah, dan baik. Mengingat perihal ini, penting untuk berpikir dengan hati -hati ketika membeli peralatan sekolah dan infrastruktur untuk memastikan bahwa siswa merasa aman dan dapat berkonsentrasi saat belajar. Tujuan `dari penelitian ini adalah utuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap fasilitas belajar busana butik pada SMK N 5 Kendal tahun ajaran 2021-2022. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Ex post facto dimana variabel-variabel bebas telah terjadi ketika peneliti mulai dengan pengamatan variabel terikat dalam suatu penelitian. Variabel yang diambil dalam penelitian ini adalah variabel tingkat kepuasan siswa dan fasilitas belajar siswa. Jumlah populasi siswa tata busana di SMK Negeri 5 Kendal berjumlah 146 siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah 95 siswa. Hasil tingkat kepuasan siswa terhadap kecukupan fasilitas belajar busana di SMK Negeri 5 Kendal di dukung dengan hasil angket yang menunjukan total rata-rata untuk kecukupan fasilitas belajar siswa sebesar 79,30% yang berarti masuk dalam kategori tinggi atau dapat dikatakan bahwa kecukupan fasilitas belajar busana di SMK Negeri 5 Kendal sudah sangat memuaskan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##