MODEL KOMUNIKASI SISWA JURUSAN KREASI DESAIN MODE PADA PELAKSANAAN MAGANG ERA NEW NORMAL
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstract. Studi ini untuk mengetahui Pola Komunikasi yang digunakan Mahasiswi Kreasi Desain Mode pada pelaksanaan magang periode October – Januari 2023 yang dilakukan saat era new normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kendala komunikasi yang dialami siswa magang serta solusi yang ditawarkan. Teori Lasswell’s digunakan sebagai konsep studi (siapa, berbicara apa, media apa, kepada apa dan dampak yang ditimbulkan). Peneliti menggunakan metodologi penelitian survey, dengan menggunakan data internal laporan magang dan survey pilihan berganda serta pertanyaan terbuka yang di distribusikan setelah periode magang berakhir. Penelitian ini berlokasi in Jakarta dan melibatkan banyak 31 siswa. Di industri mode, peneliti membagi menjadi 4 tahapan: (pra) konseptual , produksi, evet dan pasca event. Hasilnya adalah siapa dan untuk siapa mengacu kepada. peranan siswa sebagai komunikator atau komunikan atau penerima tergantung dari tahapan dan deskripsi perkerjaan yang mereka tangani serta dengan pihak mitra atau stakeholders siapa siswa berhadapan. Adapun komunikasi dua arah yang digunakan siswa magang. Berbicara apa dan dampak yang ditimbulkan mengacu kepada jenis pesan informatif dan persuasif yang digunakan siswa sesuai dengan kepentingan mitra atau stakeholders terkait yang ingin dicapai. Whatsapp pertama dan tatap muka kedua merupakan merupakan dua media yang banyak digunakan saar periode era new normal tersebut.
Kata Kunci: Model Komunikasi, Kreasi Mode, Magang