ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK BUSANA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA KERENT TAILOR AND MODISTE

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

KHOIROTUN NURIYAH
RINA RACHMAWATI

Abstract

Penurunan jumlah pelanggan yang dialami oleh banyak pengusaha jahit di Kabupaten Semarang menjadi fenomena yang menyebabkan penjahit gulung tikar. Fenomena ini kemungkinan disebabkan oleh menurunnya kepuasan pelanggan. Salah satu penjahit yang masih bertahan ditegah fenomena ini adalah Kerent Tailor and Modiste. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk busana dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Data primer diperoleh menggunakan kuesioner terhadap 100 responden dengan menggunakan teknik judgemental sampling. Hasil dari analisis data menggunakan program IBM SPSS Statistics 26 menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Dengan persentase sebesar 43% kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk busana dan kualitas pelayanan. sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##