PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATERI PEMBUATAN SAKU

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

KANTHI HAFSARI
WULANSARI PRASETYANINGTYAS

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran penting sebagai penunjang proses pembelajaran yang mempermudah dalam menguasai materi pembelajaran. Media berbasis teknologi digital menjadi tuntutan utama yang dapat memberikan inovasi serta kreatifitas baru dalam kegiatan pembelajaran agar lebih optimal. Salah satu upaya dalam pengoptimalan pembelajaran yaitu melalui pengembangan multimedia interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis mengetahui kelayakan dari produk media pembelajaran yang dikembangkan yaitu lectora inspire pada materi pembuatan saku. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan menggunakan pengembangan Borg and Gall oleh Sugiyono, dengan tahap pengembangan meliputi: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba (skala kecil), setelah menghasilkan produk berupa multimedia interaktif lectora inspire pada materi pembuatan saku, kemudian produk diuji kelayakannya dengan melakukan validasi pada ahli media dan ahli materi. Disimpulkan hasil validasi ahli media memperoleh persentase 92,59% yang menyatakan media “sangat layak”, ahli materi  memperoleh persentase 78,12% yang menyatakan materi “layak” dan uji coba skala kecil dilakukan kepada 20 mahasiswa yang telah menempuh Mata Kuliah Teknologi Busana untuk mengetahui respon penggunaan media, diperoleh persentase 90,15% dengan kategori “sangat layak”. Hal ini menunjukkan bahwa media sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran materi pembuatan saku


Kata kunci: Pengembangan, multimedia interaktif, lectora inspire, pembuatan saku

##plugins.themes.academic_pro.article.details##