DESAIN E-KATALOG UMKM FESYEN “WOMANPRENEUR COMMUNITY” SURAKARTA DALAM TRANSFORMASI EKONOMI DIGITAL
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
UMKM di Indonesia terus mengalami perkembangan dan mampu menjadi garda terdepan dalam perkembangan perekonomian. Seperti pada komunitas UMKM yang tergabung dalam Womanpreneur Community (WPC) Surakarta. UMKM yang tergabung dengan WPC sebagian besar bergerak dalam bidang fesyen. Bidang fesyen mengalami pertumbuhan yang menjanjikan di pasaran dan termasuk ekspor andalan indonesia dalam memajukan perekonomian. Pemerintah juga sangat mendukung supaya UMKM mampu naik kelas dan mendapatkan akses pemasaran yang lebih luas dengan beralih pada ekonomi digital. Sehingga perlu untuk memperbaiki citra UMKM fesyen di Indonesia, karena fesyen Indonesia turut melestarikan budaya yang dikenal hingga ke mancanegara dengan memakai kain batik sebagai mode fesyen. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain e-katalog bagi UMKM yang tergabung dalam komunitas Womanpreneur Community (WPC) Surakarta sebagai media promosi sekaligus memperluas jaringan pemasaran digital. Metode yang digunakan dalam perancangan desain e-katalog adalah model prototype yang dikembangkan secara berkelanjutan berdasarkan analisis dengan pengguna. Adapun tahapan model prototype meliputi: (1) pengumpulan kebutuhan pengguna; (2) perancangan prototype; dan (3) evaluasi prototype. Hasil penelitian ini berupa E-Katalog yang telah di publish atau disebarluaskan melalui internet atau media sosial, UMKM yang tergabung dalam WPC juga telah mengetahui pembuatan E-katalog supaya nantinya dapat dikembangkan bila terdapat inovasi produk. Keunggulan yang dimiliki E-katalog sebagai media promosi dianggap mampu memasarkan layanannya secara online dengan lebih efektif dan efisien