ANALISIS PELAKSANAAN DAN HASIL BELAJAR KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BATIK SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KALIWUNGU KUDUS
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler batik siswa SD di Kecamatan Kaliwungu Kudus dan menganalisis hasil belajar kegiatan ekstrakurikuler batik siswa SD di Kecamatan Kaliwungu Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta kegiatan ekstrakurikuler batik siswa SDN 2 Gamong Kudus dan siswa SDN 2 Papringan Kudus yang berjumlah 100 siswa, dengan jumlah sampel 30 siswa yang diperoleh secara acak. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan dan hasil belajar dengan indikator sikap, kinerja, produk dan pengetahuan. Pengumpulan data diolah dengan metode observasi dan dokumentasi serta dianalisis menggunakan deskriptif tendensi sentral dan kualitatif. Hasil penelitian pelaksanaan dan hasil belajar kegiatan ekstrakurikuler batik siswa sekolah dasar di Kecamatan Kaliwungu Kudus termasuk dalam kriteria baik dengan rata-rata sebesar (2,68) dengan rincian perindikator sikap dengan rata-rata sebesar (3,16) termasuk dalam kriteria baik, kinerja dengan rata-rata sebesar (2,98) termasuk dalam kriteria baik, produk dengan rata-rata sebesar (2,18) termasuk dalam kriteria cukup baik, dan pengetahuan dengan rata-rata sebesar (2,40) termasuk dalam kriteria cukup baik.
The aim of this research were knowing the implementation extracurricular batik activity by students SD at Kecamatan Kaliwungu Kudus and analyzed learning result extracurricular batik activity by students at Kecamatan Kaliwungu Kudus. The population in this research were all activity extracurricular batik by students SDN 2 Gamong Kudus and students SDN 2 Papringan Kudus amounting to 100 students, the number of 30 sampels obtained at random. Variabels in this research is implementation and learning outcomes wit indicator attitude, performance, product and knowledge. Accumulation for processing with method observation and documentation analyzed using central tendency descriptive and qualitative. The results of this research is implementation learning result extracurricular batik activity students SD at Kecamatan Kaliwungu Kudus included in good criteria with average as (2,68) details of indicator attitude with average as (2,98) included in good criteria, product with average as (2,18) included in good enough criteria, and knowledge with average (2,40) included in good enough criteria.##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Bafadal, Ibrahim. 2003. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
B, Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Renika Cipta.
Pandansari, Rina. 2013. Keterampilan Membatik Untuk Anak. Yogyakarta: PT Arcita.