Strategi Pengembangan Objek Wisata Goa Petruk Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui unsur pengadaan (supply) dan permintaan (demand) objek wisata Goa Petruk di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen, dan 2) Menganalisis strategi dalam pengembangan objek wisata Goa Petruk di Kabupaten Kebumen. Populasi dari penelitian adalah seluruh pengunjung atau wisatawan objek wisata goa petruk serta pengelola objek wisata. Teknik pengambilan sampel untuk pengelola menggunakan purposive sampling sedangkan untuk wisatawan menggunakan Insidental sampling. Proses pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi unsur supply dan demand pada objek wisata Goa Petuk masuk kategori baik dan ada pula yang masih dalam kategori kurang baik. Sedangkan dari hasil analisis SWOT maka dapat diketahui bahwa Objek wisata Goa Petruk terletak pada Kuadran I, dengan nilai sumbu X sebesar 0,29 dan sumbu Y sebesar 0,53. Sehingga strategi yang perlu dilakukan adalah Growth Oriented Strategy yang artinya keadaan wisata dalam kondisi baik, akan tetapi harus meningkatkan faktor kekuatan dan memperbaiki faktor kelemahan sehingga dapat menangkap peluang.