ANALISIS SPASIAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN BREBES BAGIAN TENGAH

  • Siti Masitoh Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
  • Rahma Hayati Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Keywords: Junior High School, Spatial Pattern, Brebes Central Section

Abstract

Sekolah  merupakan  sarana  utama  dalam  pemenuhan  kebutuhan  masyarakat  akan pendidikan.  Sekolah harus  terletak  pada  posisi  yang  strategis  dan  tersebar  merata  di  seluruh daerah. Lokasi sekolah juga harus mudah dicapai dan berada di wilayah yang jauh dari gangguan alam  dan  lingkungan,  serta  sekolah  tersebut  tidak  mengalami  kekurangan  siswa. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui  ketersediaan pelayanan SMP di Kabupaten Brebes Bagian Tengah,  2) Mengetahui  pola  spasial  SMP  berdasarkan  jumlah  dan  kualitas  sekolah  di  Kabupaten  Brebes Bagian  Tengah,  3)  Mengetahui  daya  layan  SMP  di  Kabupaten  Brebes  Bagian  Tengah  dan  4) Memberikan  arahan  lokasi  prioritas  perencanaan  SMP  ke  depan  berdasarkan  Rencana  Pola Ruang  Wilayah  Kabupaten  Brebes.  Metode  penelitian  ini  adalah metode deskriptif  kuantitatif, dengan  obyek  penelitian  adalah seluruh  SMP  di  Kabupaten  Brebes  Bagian  Tengah  baik  negeri maupun swasta sejumlah 32 sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketersediaan SMP belum cukup merata dan memadai dalam melayani kebutuhan penduduk. Terdapat 3 pola spasial SMP  yaitu pola seragam, mengelompok  dan  menyebar.  Daya  layan  SMP  di  Kabupaten  Brebes Bagian Tengah pun masih rendah. Sehingga terdapat 2 arahan lokasi prioritas perencanaan SMP di Kabupaten Brebes Bagian Tengah yaitu Prioritas I di Kecamatan Banjarharjo, Ketanggungan, Larangan dan Songgom serta Prioritas II di Kecamatan Jatibarang dan Kersana.

 

School is a primary means of fulfilling the needs of the community for education. Schools should be located  at a strategic position and spread  evenly throughout  the district. Schools area should also  be easily accessible and located in an area away from the distractions of nature and the environment, and that school notexperiencing a shortage of students.This study is purposed to: 1) Determine service availability of the Junior High School in Brebes Central Section, 2) Knowing spatial pattern of the Junior  High School based on the number and quality of schools in Brebes Central Section, 3) Knowing serviceability power of the Junior High School  in  Brebes  Central  Section  and  4)  Provide  direction  location  planning  priorities  of  the  Junior  High School  forward  based  on  Spatial  Pattern  Plan  Brebes.  This  research  method  is  a  method  of  quantitative description, the research object is the entire of Junior High School in Brebes Central Section both public and private schools number 32. The results of this study indicate that availability of the Junior High School is not quite evenly and adequate to serve the needs of the population. There are 3 spatial pattern of the Junior High School are dispersed pattern, clustered and random. Serviceability power of the Junior High School in Brebes Central Section has been low. So there are two landing location planning priorities of the Junior High School in  Brebes  Central  Section  are  Priorities  I  in  Banjarharjo,  Ketanggungan,  Larangan  and  Songgom  and Priorities II in Jatibarang and Kersana

Author Biographies

Siti Masitoh, Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Program Studi Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang
Rahma Hayati, Gedung C1 Lantai 1 FIS Unnes Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229
Program Studi Geografi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang
Section
Articles