PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENYIMPANGAN SOSIAL DENGAN MODEL STAD BERBANTUAN MEDIA POWER POINT PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP NEGERI 4 PEKALONGAN SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Yarokhman .

Abstract

This study aims to improve the learning outcomes of problems of social deviation after following the learning with STAD type cooperative learning model (Student Teams Achievement Divisions). This TOD takes two cycles. Each cycle consists of four stages, including action planning, action execution, action observation, and reflection. The conclusion of the research shows that the implementation of learning with STAD type of cooperative learning model (Student Teams Achievement Divisions) is very effective, students' learning outcomes increase, the average score of cycle 1 is 63.33 and the average score of cycle 2 is 73.52. The increase of learner activity in following learning process from 75,06% to 86,13%


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar materi permasalahan penyimpangan sosial setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). PTK ini dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, antara lain perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan,  dan refleksi. Simpulan hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) sangat efektif, hasil belajar peserta didik meningkat,  rata-rata skor siklus 1 adalah 63,33 dan rata-rata skor siklus 2 adalah 73,52. Terjadinya peningkatan keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dari 75,06% menjadi 86,13%

##plugins.themes.academic_pro.article.details##