Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas XI IPS Di SMA N 1 Talang Ubi Kab. PALI Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas XI IPS Di SMA N 1 Talang Ubi Kab. PALI Section Articles
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
This study aims to find out how the effect of project-based learning on creative thinking skills in students of class XI IPS in SMA N 1 Talang Ubi KAB. PALI, the research method used is the experimental method. There are two classes used for the research sample, namely class XI IPS 3 as an experimental class and class XI IPS 2 as a control class, each class has 32 students, the material used in this study is natural disaster mitigation by giving treatment to the experimental class in the form of making projects about natural disaster mitigation is made in groups and presented to the class, it aims to create a brave and confident attitude of students and trigger students to think creatively, while in the control class only using conventional models or lectures, the results which can be obtained is that there is an influence of the application of the project-based learning model on the creative thinking ability of students of class XI IPS SMA N 1 Talang Ubi Kab. PALI with an average score of 79.5 for the experimental class and 67.1 for the control class.
Penelitian ini bertujan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif pada peserta didil kelas XI IPS di SMA N 1 Talang Ubi KAB. PALI, metode penelitian yang di gunakan adalah metode eksperimen. Terdapat dua kelas yang di gunakan untuk sampel penelitian yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol, kedua kelas masing masing berjumlah 32 peserta didik, materi yang di gunakan pada peneltian ini adalah mitigasi bencana alam dengan memberikan perlakuan pada kelas eksperimen berupa pembuatan proyek tentang mitigasi bencana alam dibuat perkelompok dan di presentasikan ke depan kelas,hal ini bertujuan untuk menimbulkan sikap berani dan percaya diri peserta didik dan mimicu peserta didik untuk berpikir kreatif , sementara pada kelas kontrol hanya menggunakan model konvensional atau ceramah, hasil yang di dapat adalah ada pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI IPS SMA N 1 Talang Ubi Kab. PALI dengan hasil rata rata kelas eksperimen 79,5 dan kelas kontrol 67,1.