IDENTIFIKASI DAN ANALISIS HAMBATAN GURU IPS DALAM IMPLEMENTASI STANDAR PROSES DAN STANDAR PENILAIAN KURIKULUM 2013 DI SMP (STUDI DI BEBERAPA SMP NEGERI KOTA SURAKARTA)
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Standar Proses dan Standar Penilaian Kurikulum 2013 mempunyai tuntutan-tuntutan agar tujuan pendidikan dapat tercapai dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dialami guru IPS dalam implementasi standar proses dan standar penilaian kurikulum 2013 di SMP beserta penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif di tiga SMP yang berada di Kota Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi standar proses Kurikulum 2013, hambatan yang dialami guru IPS meliputi menghitung minggu dan jam efektif, menganalisis silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, mengelola alokasi waktu, dan menerapkan kegiatan pembelajaran. Sedangkan dalam implementasi standar penilaian kurikulum 2013, hambatan yang dialami guru IPS meliputi persiapan penilaian, perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, dan pengolahan nilai. Hambatan tersebut terjadi karena guru maupun peserta didik belum begitu siap untuk menerapkan kurikulum 2013. Akan tetapi, guru sudah berusaha melaksanakan tuntutan standar proses dan standar penilaian Kurikulum 2013 dengan baik.