HAMBATAN DALAM PROSES PENANAMAN NASIONALISME PADA MAHASISWA DI KAWASAN
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
This study aims to determine the obstacles in the process of planting nationalism among students in border areas. This research is a qualitative descriptive study because it explains the inhibiting factors that influence the process of cultivating nationalism among students in border areas. The research subjects were 25 students who took the Writing 1 course. The results showed that the obstacles in the process of planting nationalism were competency barriers, curriculum obstacles, and infrastructure and facilities obstacles. Meanwhile, students do not experience family barriers.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan dalam proses penanaman nasionalisme pada mahasiswa di kawasan perbatasan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif karena bersifat menjelaskan faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi dalam proses penanaman nasionalisme pada mahasiswa di kawasan perbatasan. Subjek penelitian adalah 25 orang mahasiswa yang mengambil mata kuliah Menulis 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang terdapat dalam proses penanaman nasionalisme diantaranya adalah hambatan kompetensi, hambatan kurikulum, dan hambatan sarana dan prasarana. Sedangkan hambatan keluarga tidak dialami oleh mahasiswa.