IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN TERHADAP PEMBELAJARAN DARING
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemenuhan hak anak untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat covid-19, mendeskripsikan pendidikan karakter yang tepat untuk membentuk potensi anak, dan mendeskripsikan konsep pembelajaran yang baik dan tepat yang dikenal dengan istilah moda daring selama pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi. Untuk menganalisis data menerapkan analisis berupa model interaktif melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pentingnya pendidikan karakter dalam mengembangkan potensi anak agar berpikiran dan berhati baik, dan berperilaku sesuai dengan falsafah Pancasila. Pendidikan karakter ini memiliki tiga fungsi utama. Pertama, fungsi pembentukan dan pengembangan potensi. Kedua, fungsi perbaikan dan penguatan. Dan ketiga, fungsi penyaring. Guru sebagai infrastruktur adalah menyiapkan strategi pembelajaran dan konten belajar dan menyediakan learning management system selama pandemi covid-19 ini. Peran utama untuk mengembangkan potensi anak ini tentu mengandalkan orangtua dan lingkungan rumah.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Alawiyah, F. (2012). Kebijakan dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan Di Indonesia. Sekretariat Jenderal DPR-RI.
Andrianti. S. (2019). Pendekatan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa di Sekolah Tinggi Teologi. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani.3, (2). 2541-3945 (online). http://www.sttintheos.ac.id/ejournal/index.php/dunamis
Anggraini, L. Pendidikan di sekolah dasar dalam rangka menyongsong kenormalan baru. Webinar Nasional. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar. Universitas Dwijendra, Juni 2020. Denpasar.
Berkowitz, M.W. & Bier, M.C. 2005. What Works In Character Education: A Research-Driven Guide for Educators, Washington DC. University of Missouri-St Louis.
Eka, W. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Dwijendra, Denpasar.
Eka, D. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pembentuk Karakter Bangsa. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Jember, Jember.
Fajar, A. (2002). Portofolio Dalam Pelajaran IPS .Bandung: PT Remaja Rosdakarya Gardner.
Hermayati, R. (2021). Implementasi Pendikar Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. SDN Cihurip Cikalongkulon, Cianjur.
Howard, 2013, Multiple Intelligences: Memaksimalkan Potensi dan Kecerdasan Individu dari Masa Kanak-kanak Hingga Dewasa, Penerjemah. Yelvi Andri Zaimur. Jakarta: Daras Books.
Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. IAIN Tulungagung.
Purwoko. Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Teori Belajar Gagne.
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yuliana, 2020. Coronavirus diseases (Covid-19). Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.