ANALISIS NILAI-NILAI BUDAYA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS 2 SD
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai budaya pada pembelajaran IPS di kelas 2 sekolah dasar semester 1. Penelitin ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini hanya akan berfokus pada analisis nilai-nilai budaya pada pembelajaran IPS kelas 2 sekolah dasar semester 1 dengan menggunakan empat jenis buku tema pada kurikulum 2013. Keempat buku tema tersebut dianalisis dan dipilah mana saja yang termasuk pembelajaran IPS, serta apa saja nilai-nilai budaya yang mencoba untuk ditanamkan kepada peserta didik melalui kegiatan pembelajarannya. Data yang berhasil terkumpul, kemudian dikelompokkan dan dideskripsikan secara terperinci mengenai nilai-nilai budaya pada pembelajaran IPS di kelas 2 SD semester 1.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Herlambang, Y. T., Wahid, R., & Solahudin, N. (2021). Landasan Pendidikan: Sebuah Tinjauan Multiprespektif Dasar Esensial Pendidikan Indonesia (1st ed.). Yayasan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Multiliterasi.
Meldina, T., Agustin, A., & Harahap, S. H. (2020). Integrasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 15–26. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JPD/article/view/1572/pdf
Muhammad Sulhan. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Dalam Menghadapi Tantangan Globalisasi. Visipena Journal, 9(1), 159–172. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.450
Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep Dasar IPS. www.samudrabiru.co.id
NCSS. (1994). Expectations of Excellence: Curriculum Standards for Social Studies. Washington, D.C.: NCSS.
Novitasari, R. D., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 79. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19495
Rachmah, H. (2013). NILAI-NILAI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA YANG BERDASARKAN PANCASILA DAN UUD 1945NILAI-NILAI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA YANG BERDASARKAN PANCASILA DAN UUD 1945. E-Journal WIDYA Non-Eksakta, 1(1), 7–14. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/56942917/134-File_Utama_Naskah-387-1-10-20130923-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1647270246&Signature=A0kSW~Me-ODPag36FD0cGBOwS6ZZdUemN26bG6Mx~-tTi3Jv4A7vAB21Gik6aX8lyHV4byVsPFoE0g2Gan24mr-VyncAJDjuInsJxPaBw6y4f7LbhqMCv
Salma, D., Alifa, H. N., & Arifin, M. H. (2021). Internalisasi Keberagaman Budaya dengan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(2), 100–111. https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/15610
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 166–178. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/7173
Suhendra, A. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI (1st ed.). Penerbit Kencana.
Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di SD (1st ed.). Kencana. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=HBZNDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA302&dq=ips+di+sd&ots=qsxgiSN7qI&sig=j8JrMU6bu4JzuXuHwymDFHR2-bY&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Wangid, M. N., Mustadi, A., & Eriana, Y. V. (2014). Kesiapan Guru SD dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif pada Kurikulum 2013 di DIY. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 175–182. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2717
Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868
Yunita Andriyani, Muh. Husein Arifin, Y. W. (2021). 3 1,2,3. Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar, 07. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/entita/article/view/3868/2119