INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI SEKOLAH DASAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Agus Sutono
Agung Triwidodo
Iin Purnamasari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen penilaian berbasis pendidikan multikultural pada muatan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tema Indahnya Kebersamaan kelas IV sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) yang mengacu pada teori Borg and Gall. Uji coba terbatas dilakukan pada kelas IV dengan 3 (tiga) Sekolah Dasar yaitu SD N Karangroto 01, SD N Gebangsari 01, dan SD Islam Plus Muhajirin. Uji Coba terbatas menggunakan one group pretest- posttest design. Metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, teknik tes dan pemberian angket untuk memperoleh hasil validitas. Teknik analisa data secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil uji validitas instrumen penilaian dinyatakan sangat valid dengan persentase 88,75%. Instrumen penilaian berbasis pendidikan multikultural yang dikembangkan tergolong dalam kriteria praktis, dimana hasil dari respon guru dan siswa menunjukkan penilaian sebesar 88% dengan kriteria sangat layak. Instrumen penilaian berbasis pendidikan multikultural yang telah dikembangkan efektif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar tema Indahnya Kebersamaan dengan hasil uji keefektifan siswa 80% nilai memenuhi KKM.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Astiwi, Kadek Perdinna Tri; Antara, Putu Aditya; Agustiana, I. Gusti Ayu Tri. Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Mata Pelajaran PKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2020, 3.3: 459-467.

Basri, Ivo. Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter dan Multikultural. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2017, 1.4:247-251.

Hanifah, Nurdinah. Pengembangan instrumen penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) di sekolah dasar. In: Current Research in Education: Conference Series Journal. 2019. p. 005.

Harjanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta Indonesia, Presiden Republik. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional, 2003.

Kunandar. 2011. Guru Profesional Berstandar Nasional. Bandung: Yrama Widya

Kusaeri dan Suprananto. 2012. Pengukuran Dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Munadlir, Agus. Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2016, 2.2: 114-130.

Permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (2007). Republik indonesia.

Purnamasari, Iin; Mushafanah, Qoriati. Mempertahankan integritas bangsa indonesia melalui pendidikan multikultural. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 2012, 2.2.

Schunk, H. 2012. Teori-Teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sunyoto, Usman. 2004. Pembangunanan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suryana, Yaya dan Rusdiana. 2015. Pendidikan Multikultural Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa. Bandung: Pustaka Setia

Susiloningsih, Wahyu. Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar “Kajian Analitis Dalam Prespektif Filsafat”. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 2020, 20.1.

Zamroni. 2011. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama Jurnal Civis, Volume IV, No.2 Juli 2014