MEMBANGUN KEMBALI SIKAP NASIONALISME BANGSA INDONESIA DALAM MENANGKAL BUDAYA ASING DI ERA GLOBALISASI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Mohammad Najib Asrof Imtiyaz
Fatma Ulfatun Najicha

Abstract

Nilai kebudayaan yang menjadi karakteristik bangsa Indonesia, seperti gotong royong, silahturahmi, ramah tamah dalam masyarakat menjadi keistimewaan dasar yang dapat menjadikan individu-individu masyarakat Indonesia untuk mencintai dan melestarikan kebudayaan bangsa sendiri. Tapi karakteristik masyarakat Indonesia yang dikenal sebagai masyarakat yang ramah dan sopan santun kini mulai pudar sejak masuknya budaya asing ke Indonesia yang tidak bisa diseleksi dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Maka, dalam hal ini pemerintah memiliki peranan penting untuk mempertahankan nilai-nilai kebudayaan Indonesia dalam kehidupan masyarakatnya karena nilai-nilai kebudayaan dari leluluhur merupakan filosofi hidup pada tiap daerahnya meskipun tanpa bantuan teknologi. Nilai-nilai budaya tersebut bukan berarti mengharuskan kita untuk bersikap tertutup terhadap budaya asing, namun nilai dan makna filosofi kebudayaan Indonesia harus dijadikan sebagai sumber inspirasi dan kreatifitas.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Anderson, B. 1991. Imagined Community: Komunitas-Komunitas Terbayang. Terjemahan oleh Omi Intan Naomi. 2002. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

F. L. F., & Najicha, F. U. 2022. Nilai-Nilai Sila Persatuan Indonesia Dalam Keberagaman Kebudayaan Indonesia. JURNAL GLOBAL CITIZEN: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 79-85.

Kahim, G. M. T. 1995. Nasionalisme dan Revolusi di Indonesia. Refleksi Pergumulan Lahirnya Republik. Semarang. UNS. Press Lintang.

Ratri, E. P., & Najicha, F. U. 2022. Urgensi Pancasila Dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda Di Era Globalisasi. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11 (1), 25-33.

Riff, M. 1982. Kamus Ideologi Politik Modern. Terjemahan oleh M. Miftahuddin dan Hartian Silawati. 1995. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Rizqullah, T. M., & Najicha, F. U. 2022. Pengimplementasian Ideologi Pancasila Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. Jurnal Kewarganegaraan, 6 (2), 2630-2633.

Saputra, I. A. A., & Najicha, F. U. 2022. Pengaruh Lingkungan Terhadap Tumbuhnya Jiwa Nasionalisme. Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial, 2 (1), 1-5.

Triantoro, H.B. 2008. Erosi rasa kebangsaan Indonesia. Yayasan pananjung wibawa mukti: Jakarta

Yatim, B. 2001. Soekarno, Islam, Dan Nasionalisme. Bandung: Nuansa.