ANALISIS PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA PELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR DI MTS AL-IKHLAS PEMETUNG BASUKI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Tia Ayu Safitri
Muhammad Nanang Rifa'i

Abstract

Berdasarkan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan LKPD berbasis PjBL dalam pembelajaran IPS, menganalisis respon peserta didik terhadap LKPD berbasis PjBL dalam pembelajaran IPS, dan menganalisis kreativitas belajar peserta didik dalam penggunaan LKPD berbasis PjBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan desain model Borg and Gall. Sumber penelitian ini adalah pendidi, peserta didik, para ahli. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar validasi, kuesioner, evaluasi, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data disimpulkan; LKPD berbasis PjBL sangat valid dengan persentase sebesar 90,00%, kreativitas belajar peserta didik dalam penggunaan LKPD berbasis PjBL di MTs Al Ikhlas sangat tinggi atau sangat kreatif dengan persentase hasil observasi sebesar 89,11%, dan respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD berbasis PjBL dalam membangun kreativitas belajar peserta didik MTs Al Ikhlas adalah baik atau menarik, persentase rata-rata skor angket sebesar 74,87%.


 


This study aims to analyze the feasibility of PjBL-based LKPD in social studies learning, analyze student responses to PjBL-based LKPD in social studies learning, and analyze students' learning creativity in using PjBL-based LKPD. This type of research is Research and Development (R&D) with a Borg and Gall model design. The sources of this research are educators, students, experts. Data was collected using validation sheets, questionnaires, evaluations, and documentation. Data analysis in this research is using quantitative analysis techniques. Based on the data analysis concluded; PjBL-based LKPD is very valid with a percentage of 90.00%, students' learning creativity in using PjBL-based LKPD at MTs Al Ikhlas is very high or very creative with a percentage of observation results of 89.11%, and student responses to the use of PjBL-based LKPD in building the learning creativity of MTs Al Ikhlas students is good or interesting, the average percentage of the questionnaire score is 74.87%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Dayana, R., Winanrni, E. W., & Agusdianita, N. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Diorama Dalam Pembelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(1), 106–114.

Hernawan, A. H., & Resmini, N. (2015). Konsep Dasar dan Model-model Pembelajaran Terpadu. Pembelajaran Terpadu, 1(1), 1–35. http://repository.ut.ac.id/4039/1/PDGK4205-M1.pdf).

Sri, H. (2012). ( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam. Academia, 37(1), 13.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2015). Penelitian Untuk Pendidikan dan Psikologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wilfridus, M. R. (2021). Pengaruh Model PjBL Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Secara Daring pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pemikiran Pendidikan dan Pembelajaran , 27 – 37.