PENGARUH MEDIA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Salsha Fairuz Putri Isa
Tin Rustini

Abstract

Salah satu keberhasilan pendidikan tercermin dalam peningkatan hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi dan menentukan tingkat hasil belajar siswa adalah media pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perhatian, dan motivasi siswa untuk meningkatkan belajarnya. Media pembelajaran diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang erat kaitannya dengan tujuan pembelajaran, sekaligus sebagai pelengkap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media terhadap pembelajaran IPS di sekolah dasar dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa, karena penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu.


 


One of the successes of education is reflected in the improvement of student learning outcomes. One of the factors that influence and determine the level of student learning outcomes is the learning media used for learning. Media is anything that can be used to stimulate the mind, attention, and motivation of students to improve their learning. Learning media is expected to be a source of learning that is closely related to learning objectives, as well as a complement to learning. This study aims to examine the effect of media on social studies learning in elementary schools by using a qualitative descriptive method. The use of learning media in the teaching and learning process can generate new desires and interests, generate motivation and stimulation of learning activities, and even bring psychological effects on students, because the use of learning media at the learning orientation stage will greatly help the effectiveness of the learning process and delivery of messages and content of the lesson at that time.


 
 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Alannasir, W. 2016. Pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa kelas iv sd negeri mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2 (2), 81-90.

Alirmansyah, A., & Amelia, L. 2022. Pengaruh Metode dan Media pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 4 (2), 164-171.

Andriani, S. 2016. Pengaruh motivasi belajar dan penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Mayangan 6 kota probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 10 (1), 101-118.

Astiani, N., Halimah, M., & Hidayat, S. 2018. Pengaruh Media Papan Flanel terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (2), 317-325.

Fajrianti, R., & Meilana, S. F. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Animaker Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (4), 6630-6637.

Fatahullah, M. M. 2016. Pengaruh media pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 7 (2), 237-252.

Isnaeni, R., & Radia, E. H. 2021. Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (2), 304-313.

Kristin, F. 2018. Meta-analisis pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8 (2).

Kurniawan, T. D., & Trisharsiwi, T. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosia Lsiswa Kelas V SD Se-kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahun ajaran 2015/2016. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3 (1).

Nurpratiwiningsih, L., & Mumpuni, A. 2019. Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 1(01), 1-6.

Oktaviana, T., Wurdjinem, W., & Tarmizi, P. 2018. Pengaruh Metode Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. Juridikdas: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1 (1).

Permana, S. P., & Kasriman, K. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6 (5), 7831-7839.

Putri, H. P., & Nurafni, N. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (6), 3538-3543.

Rahmatullah, M. 2011. Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran film animasi terhadap hasil belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (1), 178-186.

Ribawati, E. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Candrasangkala: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 1 (1), 134-145.

Sari, M. K. 2015. Pengaruh pembelajaran kooperatif melalui media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5 (01).

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. 2020. Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20 (2).

Silayusa, N. P., DANTES, D. N., & SUARNI, D. N. K. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Audio Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar IPS Siswa SMALB di SLB A Negeri Denpasar. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5 (1).

Tobamba, E. K., Siswono, E., & Khaerudin, K. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3 (2), 372-380.

Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. 2018. Pengaruh penggunaan media bervariasi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11 (2), 103-107.