Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Terbimbing pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kabila

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Intan Modanggu
Nurhaydah .
Nur Afni Isa
Fitryane Lihawa
Syahrizal Koem

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong partisipasi yang lebih dari siswa selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis inquiry terbimbing yang efektif, praktis, dan valid untuk dapat diterapkan di SMA Negeri 1 Kabila. Model penelitian Research and Development (R&D) digunakan dalam penelitian ini. Dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket validasi untuk ahli media dan materi, serta angket respon siswa untuk mengetahui validitas dan kemanfaatan LKPD maka diperoleh hasil skoring verifikasi analisis data ahli materi dan ahli media secara berurutan 86,1% dan 94,4%, dengan rata-rata 90% dalam kategori sangat baik. Adapun untuk analisis data usability rating berdasarkan respon siswa mencapai kategori baik sebesar 80,1%. Dari hasil  penskoran dan uji coba yang dilakukan pada 27 sampel penelitian diperoleh hasil bahwa Lembar Kerja Peserta Didik yang telah melalui proses revisi dan pengembangan dapat diterapkan untuk proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Kabila.


 


Student Worksheets (LKPD) is a learning tool that can be used to encourage more student participation during learning. This study aims to develop effective, practical, and valid guided inquiry-based worksheets to be implemented in SMA Negeri 1 Kabila. The Research and Development (R&D) research model was used in this study. By using research instruments in the form of validation questionnaires for media and material experts, as well as student response questionnaires to find out the validity and usefulness of LKPD, the results of the verification scoring results obtained from the data analysis of material experts and media experts respectively 86.1% and 94.4%, with an average 90% average in very good category. As for data analysis, the usability rating based on student responses reached a good category of 80.1%. From the results of scoring and trials conducted on 27 research samples, it was found that the Student Worksheets that had gone through the revision and development process could be applied to the learning process at SMA Negeri 1 Kabila.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Sudjono Anas, (2009). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2005). Media Pembelajaran, (3), Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada

Aulia, E. V., S. (2018). Poedjiastoeti, and R. Agustini. "The effectiveness of guide dinquiry-based learning material on students’ science literacy skills". Journal of Physics: Conference Series. Vol. 947. No. 1. IOP Publishing.

Dendy, Moch. (2015). ‘Kontribusi Pembelajaran Geografi Terhadap Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di SMA Negeri 4 Pandeglang’. Skripsi. Bandung : Jurusan Pendidikan Geografi FPIPS Universitas Pendidikan Indonesia.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara

Gagne, R. M. (2003). The Condition of Learning and Theory of Instruction, 4th ed. New York: CBS College Publishing.

Gerber, R. (2001). The State of Geographical Education in Countries Around the World. International Research in Geographical and Environmental Education.

Harefa, D.(2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. GEOGRAPHY Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 1–8.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/draendang-mulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Nuraini, I. (2014). Penggunaan LKS Berbasis Guided Inquiry Untuk SMA Kelas XI pada Konsep Asam Basa. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Kimia,UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Nurmalena, D. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran IPS Kelas VI SDN Bumi Dana Kecamatan Way Tuba. Jurnal Pedagogi, 2(1).

Prastowo, A. (2014). Panduan Penyusunan LKPD. Yogyakarta: Diva Press

Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504-515.

Sadia I W (2014). Model-model pembelajaran sains konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sari, D. P., Caswita, C., & Bharata, H. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(11).

Sukma, Laili dan Mulyati. (2014). Pengaruh Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. Volume 18. Nomor 1.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

UU RI Tahun. (2003). tentang Sistem Pendidikan Nasional.https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.

Widjayanti. (2008). Media Lembar Kerja Peserta Didik. Jakarta Rineka.