IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN PENGELOLAAN SAMPAH DI SMP AT-TAUHIDIYAH SUMENEP
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
SMP At-Tauhidiyah sebagai salah satu lembaga pendidikan yang menjadikan persoalan lingkungan sebagai model kreativitas peserta didik dalam upaya menumbuhkan budaya sadar lingkungan. Lembaga pendidikan ini secara sadar mengampanyekan isu-isu lingkungan melalui keterampilan siswa. Sekolah dijadikan ruang menyuarakan isu-isu lingkungan yang hari ini masif dibicarakan. Jenis peneitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah dan Objek penelitian yaitu siswa yang terlibat dalam pengelolaan sampah di SMP At-Tauhidiyah. Hasil penelitian ini yakni Perencanaan penguatan pendidikan karakter dalam kegiatan pengelolaan sampah mengacu pada kurikulum K-13, memetakan guru mata pelajaran sebagai pembimbing program kegiatan, dan membentuk kegiatan rutin yang diselenggarakan satu kali dalam seminggu, selanjutnya pelaksanaan penguatan pendidikan karakter dalam kegiatan pengelolaan sampah melalui pengenalan siswa pada beberapa jenis sampah dan mempraktekkan cara memilah sampah serta yang terakhir evaluasi penguatan pendidikan karakter dalam kegiatan pengelolaan sampah yang dilaksanakan setiap 3 bulan sekali bersama dengan berbagai pihak terkait di lingkungan sekolah.
At-Tauhidiyah Middle School as an educational institution that makes environmental issues a model of student creativity in an effort to foster an environmentally conscious culture. This educational institution consciously campaigns for environmental issues through student skills. Schools are used as spaces for voicing environmental issues which are massively discussed today. This type of research is qualitative research with the research subject, namely the school principal and the research object, namely students involved in waste management at At-Tauhidiyah Middle School. The results of this study are planning to strengthen character education in waste management activities referring to the K-13 curriculum, mapping subject teachers as activity program supervisors, and forming routine activities that are held once a week, then implementing strengthening character education in waste management activities through introduction students on several types of waste and practice how to sort waste and finally evaluate strengthening character education in waste management activities which are carried out every 3 months together with various related parties in the school environment.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Amarachukwu, E., Evuti, A. M., Salam, K. A., & Shamaye, S. (2020). Assessment Of Students Perception and Attitude Towards Solid Waste Management in University of Abuja. 1 (1), 33–40.
Ebikapade, A., & Baird, J. 2016. The Concept of Waste and Waste Management. Journal of Management and Sustainability, 6.
Ristanti, D. H. 2019. Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah (Studi Kasus di SMP Negeri 30 dan SMPIT Ash-Shiddiq Jakarta Utara).
Suwartini, S. 2017. Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4 (1), 222.
Shukla, S., & Khan, R. 2022. Sustainable waste management approach: A paradigm shift towards zero waste into landfills. In Advanced Organic Waste Management (pp. 381-395). Elsevier.
Sumasno Hadi. 2016. Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 74–79.
Tarmiyah Temu. 2017. Pengelolaan Karakter Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Purworejo. In Program Studi Adminitrasi pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta (Vol. 4, Issue 1).