Media Buletin dan Seni Mural dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Tentang Obesitas

  • Ika Riswanti Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya kejadian obesitas di SD Islam Al-Azhar 14 Semarang. Berdasarkan pemeriksaan berat badan dan tinggi badan siswa, dari 265 siswa yang menjadi sampel didapatkan hasil 30 siswa (11,3%) dalam kriteria gemuk dan 77 siswa (29,05%) masuk dalam kriteria obesitas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyuluhan gizi dengan media buletin dan seni mural sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang obesitas di SD Islam Al-Azhar 14 Semarang. Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu dengan pendekatan pretest-posttest control group. Sampel berjumlah 60 responden yang dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing berjumlah 20 responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner, buletin dan seni mural. Hasil uji T Berpasangan dan Wilcoxon menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan (p=0,000) pada tiga kelompok uji. Dari hasil uji Mann-Whitney terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan antara kelompok I (buletin) dan kontrol (p=0,000) dan antara kelompok II (seni mural) dan kontrol (p=0,000), sedangkan antara kelompok I (buletin) dan II (seni mural) tidak terdapat perbedaan (p=0,879). Simpulan penelitian adalah penyuluhan gizi dengan media buletin dan seni mural terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan anak sekolah dasar tentang obesitas, khususnya di SD Islam Al-Azhar 14 Semarang.

Kata Kunci: Buletin, Pengetahuan, Seni Mural, Obesitas,

Background of this research is the high incidence of obesity in SD Islam Al-Azhar 14 Semarang. Based on the examination of body weight and height of students, from 265 students into the sample showed 30 students (11.3%) in the criteria for fat and 77 students (29.05%) included in the criteria of obesity. The aim of this research is to know the effectiveness of nutrition elucidation with bulletin and mural art in increasing knowledge about obesity to students in SD Islam Al-Azhar 14 Semarang. This research is a quasi-experiment with pretest-posttest control group approach. The Samples is 100 respondents divided into 3 groups, consist of 2 group experiments and 1 control group, which is there are 20 respondents for each group. Instruments that used are questioner, bulletin and mural art. The Paired Simple T-Test and Wilcoxon showed there was in knowledge increase (p=0.000). The Mann-Whitney test result obtained the difference of escalation knowledge between bulletin group and control group (p= 0.000), and mural art group and control group (p= 0.000), meanwhile between first and second group there is no difference (p= 0.879). The result of this research show that intervention are effective to increase knowledge about obesity to elementary students.

Keywords: Bulletin, Knowledge, Mural Art, Obesity

Published
2017-05-09
How to Cite
Riswanti, I. (2017). Media Buletin dan Seni Mural dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Tentang Obesitas. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 1(1), 96-103. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/higeia/article/view/13988
Section
Articles