Potensi Bahaya Pekerja Ground Handling Divisi Ramp Handling dan Ground Support Equipment

Main Article Content

Nurrakhmi Rizkiana

Abstract

Industri penerbangan termasuk dalam industri yang berisiko tinggi. Apabila tidak dikelola dengan baik, bahaya di tempat kerja akan menimbulkan risiko kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui potensi bahaya secara umum pada pekerja sisi darat pesawat udara (ground handling) divisi ramp handling dan ground support equipment Bandara Ahmad Yani Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, mendeskripsikan permasalahan yang ditemukan berupa potensi bahaya beserta penilaian risiko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi bahaya yang terdapat di ground handling divisi ramp handling dan GSE meliputi terlindas trolley, terbentur badan pesawat, terjatuh dari bagasi pesawat, terpapar kebisingan, panas, debu, tidak memakai memakai alat pelindung telinga, tidak ada safety sign di area kerja. Risiko yang terdapat di ground handling divisi ramp handling dan GSE termasuk dalam kategori low risk dengan jumlah 9 risiko, moderate risk dengan jumlah 2 risiko dan high risk dengan jumlah 7 risiko. Simpulan dari penelitian ini yaitu di Bandara Ahmad Yani Semarang khususnya pada bagian ground handling tidak ditemukan adanya risiko ekstrim.


Kata Kunci: Potensi Bahaya, penilaian Risiko


Aviation industry is a high-risk industry. Without a good management, occupational hazards will cause a workplace accident risk. The purpose of this research is to determine the potential hazards among workers ground handling in division ramp handling and ground support equipment in Ahmad Yani Airport Semarang.This researcher used a descriptive qualitative method in which the researcher described some problems in the form of hazard potential and risk assessment.The result of the research shows that some hazard potentials in the ground handling are: getting run over by a trolley, rammed a fuselage, fall from the baggage, getting exposed to the noisiness, heat, and the dust, no ear plug, and no safety sign in the workplace. There are 9 risks in low risk category, 2 risk in moderate risk category, and 7 risks in high risk category.The conclusions of this research in Ahmad Yani Airport Semarang in particular ground handling, there was no extreme risk.


Keywords: Potential hazard, risk assessment

Article Details

How to Cite
Rizkiana, N. (2017). Potensi Bahaya Pekerja Ground Handling Divisi Ramp Handling dan Ground Support Equipment. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 1(2), 30-38. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/higeia/article/view/14018
Section
Articles