Pemberian Safety Induction pada Pengguna Gedung Pertemuan terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap

  • Risriki Mitra Fath Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Keywords: Safety Induction, Knowledge, Attitude

Abstract

Abstrak

Pada tahun 2017 terdapat kasus PAK sebesar 2.524, kasus kecelakaan kerja sebesar 575 di kota Semarang. Safety Induction dapat menjadi salah satu sarana penunjang terjadinya bahaya di tempat kerja, Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui pengaruh safety induction terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap aman pada salah satu gedung pertemuan Universitas Negeri dan Universitas Swasta di Semarang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimental. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control group design. Responden dari  penelitian adalah pengguna gedung pertemuan. Instrumen penelitian menggunakan lembar kuesioner. Data dianalisis dengan Uji Independent T test, Uji Mann Whitney.

Hasil menunjukan bahwa terdapat peningkatan nilai pengetahuan dan tidak terjadi peningkatan nilai sikap pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Terdapat perbedaan nilai pengetahuan dari pretest dan posttest (sig. 0,000 ,p < 0,05). Sedangkan tidak ada perbedaan nilai pretest sikap (sig. 1,000 , p > 0,05), dan ada perbedaan nilai posttest sikap (sig. 0,000 p < 0,05) antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.

Abstract

 

In 2017 there were 2,524 cases of PAK, 575 cases of workplace accidents in the city of Semarang. Induction Safety can be one of the supporting facilities to increase hazards in the workplace. The purpose of this study is about the safety of experiments on improving safety and safety in one of the meeting rooms of the State University and Private University in Semarang. This type of research is experimental research. The research design used was a quasi-experimental design with a nonequivalent control group design. The response of this research is the users of the conference room. The research instrument used a questionnaire sheet. Data were analyzed by Independent T test, Mann Whitney Test.

Determine the value added of knowledge increases and there is no added value in the experimental and control groups. There was a difference in the value of knowledge from the pretest and posttest (sig. 0,000, p <0.05). Meanwhile there was no difference in attitude pretest scores (sig. 1,000, p> 0.05), and there were differences in posttest attitude scores (sig. 0,000 p <0.05) between the control and the experimental group.

Published
2020-10-01
How to Cite
Mitra Fath, R. (2020). Pemberian Safety Induction pada Pengguna Gedung Pertemuan terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(Special 1), 25-36. https://doi.org/10.15294/higeia.v4iSpecial 1.34442