Determinan Kinerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas

Main Article Content

Ira Anggun Oktaviana
Bambang Wahyono

Abstract

Berdasarkan data SDM Kesehatan di Puskesmas Kabupaten Tegal Triwulan 2 Tahun 2018, jumlah tenaga kesehatan di Puskesmas Kesambi belum sesuai dengan Permenkes Nomor 75 Tahun 2014, karena masih kekurangan 1 dokter gigi, 1 tenaga gizi, dan 1 tenaga kefarmasian, sehingga menimbulkan dampak pada kinerja tenaga kesehatan dan menyebabkan beberapa pelayanan menjadi tidak optimal, namun dalam survei kepuasan terdapat 56,7% pasien merasa puas terhadap pelayanan yang telah mereka terima. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kinerja tenaga kesehatan di Puskesmas Kesambi.


Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu sebanyak 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat (uji chi square).


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan (p= 0,014), motivasi (p= 0,023), dan kepemimpinan (p= 0,043) dengan kinerja tenaga kesehatan di Puskesmas Kesambi.


Saran penelitian ini adalah diharapkan organisasi dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan pegawai, agar pegawai dapat memberikan kinerja yang terbaik sehingga dapat memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu.


 


Kata kunci: Kinerja, Tenaga Kesehatan

Article Details

How to Cite
Oktaviana, I., & Wahyono, B. (2020). Determinan Kinerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(Special 4), 835-845. https://doi.org/10.15294/higeia.v4iSpecial 4.34587
Section
Articles