Fungsi Kepemimpinan dan Kinerja Pegawai Puskesmas

Main Article Content

Debrina Diantika

Abstract

Abstrak


Puskesmas Pudakpayung menempati ranking terakhir ke-37 pada tahun 2017 dan mengalami penurunan ranking dari tahun 2015 hingga 2017. Adanya keterbatasan tenaga kerja dan kurang meratanya pendelegasian tugas membuat kinerja pegawai kurang maksimal dalam menjalankan kinerja Puskesmas. Penelitian yang dilakukan tahun 2019 ini bertujuan untuk mengetahui fungsi kepemimpinan dan kinerja pegawai Puskesmas Pudakpayung dalam meningkatkan kinerja Puskesmas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini berjumlah 6 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan pemeriksaan data dengan teknik triangulasi. Fokus penelitian ini adalah fungsi kepemimpinan (instruksi, konsultasi, partisipasi, delegasi, dan pengendalian) dan kinerja pegawai (kemampuan dan ketrampilan, ketepatan waktu selesai pekerjaan, kerja sama antar pegawai, dan kedisiplinan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi kepemimpinan sudah dilakukan namun perlu ditingkatkan pada fungsi pengendalian. Kinerja pegawai sudah baik jika dilihat dari keseluruhan aspek namun perlu ditingkatkan di aspek kedisiplinan dan ketepatan waktu selesai pekerjaan. Simpulan dari penelitian ini yaitu ada fungsi kepemimpinan dan indikator kinerja yang belum dilaksanakan dengan maksimal.


 


 


Abstract


Pudakpayung Health Center was in the last grade of 37th in 2017 and has decreased in grade from 2015 to 2017. The existence of labor limitations and the lack of evenly delegated tasks made the employee performance less than optimal in carrying out the Health Center performance. The research conducted in 2019 was aimed to find out the leadership function and the performance of Pudakpayung Health Center employees in improving the Health Center performance. Data collection techniques were carried out by in-depth interviews and data checking with triangulation techniques. The focus of this research was the functions of leadership (instruction, consultation, participation, delegation, and control) and the employee performances (ability and skills, timeliness in finishing work, cooperation between employees, and discipline).The results showed that the leadership function had been carried out, but it needed to be improved in the control function. Employee performance was good if viewed from all aspects, but it needed to be improved in the aspects of discipline and timeliness in finishing work. The conclusion of this research was that leadership function and performance indicators had not been done well yet.

Article Details

How to Cite
Diantika, D. (2021). Fungsi Kepemimpinan dan Kinerja Pegawai Puskesmas. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 5(1), 121-132. https://doi.org/10.15294/higeia.v5i1.34738
Section
Articles