Pengaruh Perceived Value Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Niat Kunjungan Ulang Melalui Kepercayaan pada Rumah Sakit

  • Alifa Nasyahta Rosiana UNDIP
  • Naili Farida UNDIP
  • Septo Pawelas Arso UNDIP
Keywords: perceived value, hospital image, revisiting intention

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perceived value dan citra Rumah Sakit terhadap niat kunjungan ulang pasien melalui kepercayaan pada Rumah Sakit di Instalasi Rawat Jalan RSIA Anugerah Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik pendekatan sampling convenience sampling dengan sampling aksidental sebanyak 305 responden yang merupakan pasien di instalasi rawat jalan RSIA Anugerah Pekalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan SEM dengan software AMOS 24. Setelah dilakukan analisis didapatkan bahwa perceived value berpengaruh terhadap niat kunjungan ulang secara signifikan, citra rumah sakit berpengaruh terhadap niat kunjungan ulang secara sginifikan, dan kepercayaan berpengaruh terhadap niat kunjungan ulang secara signifikan.

Saran yang diberikan agar dapat meningkatkan niat kunjungan ulang berdspek asarkan aspek perceived value adalah dengan memberikan informasi lebih jelas kepada pasien dan keluarga pasien mengenai waktu tunggu. Pada citra rumah sakit diharapkan dapat meningkatkan sikap ramah petugas dan bekerjasama dengan BPJS kesehatan. Pada aspek kepercayaan dengan meningkatkan koordinasi petugas informasi dan petugas poliklinik agar informasi yang disampaikan lebih jelas. Pada aspek niat kunjungan ulang dapat ditingkatkan dengan berkerja sama dengan BPJS kesehatan.

Kata kunci: perceived value, citra rumah sakit, niat kunjungan ulang

 

ABSTRACT

This research was aimed to determine and analyze the influnce of perceived value and hospital image toward revisiting intention by analizing trust to Outpatient ward in RSIA Anugerah Pekalongan. This research was observational study with a cross sectional design. Sampling was used convenience method with accidental sampling from 305 respondent in outpatient ward RSIA Anugerah. Data was collected using questionnaire. The data was processed using SEM with AMOS 24 software. The result showed that perceived value had significant impact to revisiting intention, hospital image had significant impact to revisiting intention, and trust had significant impact to revisiting intention. This study could give sugestion to hospital management for improving their service.

Published
2021-08-31
How to Cite
Rosiana, A., Farida, N., & Arso, S. (2021). Pengaruh Perceived Value Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Niat Kunjungan Ulang Melalui Kepercayaan pada Rumah Sakit. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 5(3). https://doi.org/10.15294/higeia.v5i3.41991