Higiene dan Sanitasi Tempat Pengelolaan Makanan

Main Article Content

Fea Firdani
Defiman Djafri
Aulia Rahman

Abstract

ABSTRAK


Meningkatnya jumlah orang yang mengkonsumsi makanan di luar rumah dapat menyebabkan timbulnya penyakit bawaan makanan (foodborne diseases) apabila menyiapkan makanan dalam jumlah besar tidak memperhatikan kebersihan dari makanan dan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran higiene dan sanitasi tempat pengelolaan makanan (TPM) di sekitar Universitas Andalas tahun 2020. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif observasional, yang dilakukan pada 25 TPM. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara dengan penjamah makanan menggunakan lembar checklist dan kuesioner. Diketahui bahwa 17 TPM (68%) yang tidak memenuhi syarat higiene dan sanitasi tempat pengelolaan makan, 11 TPM (44%) peralatan masaknya yang tidak memenuhi syarat, 14 TPM (56%) proses pengolahan yang tidak memenuhi syarat dan semua lingkungan TPM tidak memenuhi syarat (100%). Diharapkan kepada pemilik TPM untuk memperbaiki higiene dan sanitasi peralatan masak, proses pengolahan dan lingkungan TPM terutama menyediakan tempat sampah tertutup yang terpisah antara sampah organik dan anorganik, saluran air limbah yang tertutup dan menyediakan tempat cuci tangan dengan air yang mengalir.


Kata kunci : Higiene; sanitasi, TPM


 


ABSTRACT


The increasing number of people who consume food outside the home can cause foodborne diseases when preparing large amounts of food regardless of the cleanliness of the food and the environment. This study aims to determine the hygiene and sanitation of food management places (TPM) around Andalas University in 2020. This type of research is descriptive observational research, conducted on 25 TPM. The data was collected using observations and interviews with food vendors using checklist sheets and questionnaires. It is known that 17 TPM (68%) ineligible for hygiene and sanitation where food management is managed, 11 TPM (44%) ineligible cooking utensils, 14 TPM (56%) processing processes are ineligible, and all TPM environments are ineligible (100%). It is expected to TPM owners to improve hygiene and sanitation of cooking utensils, processing and environment TPM mainly provide a separate closed trash can between organic and inorganic waste, closed wastewater channels and provide a place to wash hands with running water.


Keywords: Hygiene; sanitation, TPM

Article Details

How to Cite
Firdani, F., Djafri, D., & Rahman, A. (2022). Higiene dan Sanitasi Tempat Pengelolaan Makanan. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 6(1). https://doi.org/10.15294/higeia.v6i1.45612
Section
Articles