Pencegahan Stunting dengan Pendekatan Kemandirian Keluarga
Abstract
Stunting masih menjadi isu global. Stunting dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Keluarga menjadi fondasi utama dalam menjaga kesehatan sehingga perlunya pemahaman bagi keluarga dalam upaya pencegahan berbagai permasalahan kesehatan termasuk stunting. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dalam pencegahan stunting melalui pendekatan kemandirian keluarga. Penelitian Pre Experimental dengan One Group Pretest Posttest Design. Sampel 32 keluarga yang memiliki ibu hamil atau bayi atau balita di Qoryah Desa Thoyyibah, Kebalan Kulon. Instrumen menggunakan kuesioner tingkat kemandirian keluarga dan pengetahuan yang diberikan sebelum dan sesudah. Intervensi yang dilakukan berupa pemberian pendidikan kesehatan. Data dianalisis dengan Wilcoxon Signed Ranks Test. Ada peningkatan yang signifikan setelah diberikan intervensi melalui pendidikan kesehatan tentang pencegahan stunting melalui pendekatan keluarga (p-value = 0.034). Terjadi peningkatan yang signifikan pada tingkat kemandirian sebelum dan sesudah intervensi pencegahan stunting (p-value = 0,002). Simpulan, ada peningkatan tingkat kemandirian keluarga setelah diberikan intervensi pendidikan kesehatan. Intervensi Pendidikan Kesehatan dengan pendekatan keluarga merupakan kunci keberhasilan pencegahan stunting. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan dimulai sejak kehamilan hingga anak berusia dua tahun.
Stunting is still a global issue. Stunting can affect children's growth and development. The family is the main foundation for maintaining health, so there is a need for understanding for families in efforts to prevent various health problems, including stunting. The aim of the study was to determine the effect of health education on preventing stunting through a family self-sufficiency approach. Pre-experimental research with a one-group pretest posttest design Sample 32 families with pregnant women, babies, or toddlers in Qoryah Thoyyibah Village, Kebalan Kulon The instrument uses a questionnaire to measure the level of family self-sufficiency and knowledge. The intervention was health education. Data analysis is the Wilcoxon Signed Ranks Test. There was a significant increase after being given an intervention through health education about stunting prevention through a family approach (p-value = 0.034). There was a significant increase in the level of self-sufficiency before and after the stunting prevention intervention (p-value = 0.002). Conclusion, there is an increase in the level of family self-sufficiency after being given health education interventions. Health education interventions with a family approach are the key to successful stunting prevention. Therefore, health education starts from pregnancy until the child is two years old.