Human Reliability menggunakan Metode Fuzzy-HEART pada Pekerjaan Material Handling Tambang Bawah Tanah
Abstract
Industri pertambangan memiliki potensi bahaya yang tinggi dibandingkan industri lain, dengan potensi kecelakaan yang tingkat keparahannya tinggi. Kecelakaan pertambangan sering disebabkan oleh human error, khususnya pada pekerjaan material handling, dengan menyumbang hampir 85% dari seluruh kecelakaan pertambangan. Upaya untuk mengurangi human error dilakukan melalui analisis keandalan manusia, dengan metode Fuzzy-HEART. Penelitian ini bertujuan untuk menilai keandalan manusia dalam pekerjaan material handling tambang bawah tanah, yaitu pada pekerjaan ground support, drilling, mucking, hauling, dan dumping, dengan menggunakan mekanikal handling (boom truck, jumbo drill, dan LHD Loader) dan manual handling. Penilaian didasarkan pada justifikasi responden ahli sebanyak 3 responden dari kru K3 menggunakan teknik purposive sampling. Nilai akhir yang dihasilkan yaitu nilai Human Error Probability (HEP), yang memiliki rentang 0-1. Nilai lebih dari 1 berarti potensi human error lebih dari 100%. Nilai HEP tertinggi pada mekanikal handling (boom truck: aktivitas 3.7 HEP=1.02; jumbo drill: aktivitas 4.2 HEP=2.01; LHD Loader: mucking - aktivitas 6.1 HEP=2.81, hauling - aktivitas 7.1 HEP=1.66, dumping - aktivitas 8.2 HEP=3.16) dan manual handling (aktivitas 2.4 dan 3.2 HEP=2.07).
The mining industry poses higher potential hazards than other industries with a high severity of accidents. Human errors, particularly in material handling tasks contributing up to 85% cases. The attempt to minimize human errors is conducted through Human Reliability Analysis (HRA) using the Fuzzy-HEART method. This research aims to analyze human reliability in underground mining material handling tasks, such as ground support, drilling, mucking, hauling, and dumping. Both mechanical handling (boom truck, jumbo drill, and LHD Loader) and manual handling are analyzed. The assessment is based on the expert justification from 3 HSE crew using purposive sampling technique. The final value from the assessment is the Human Error Probability (HEP), within the 0-1 range. Values exceeding 1 indicate a human error potential exceeding 100%. Highest HEP values occur in mechanical tasks (boom truck: subtask 3.7 HEP=1.02; jumbo drill: subtask 4.2 HEP=2.01; LHD Loader: mucking - subtask 6.1 HEP=2.81, hauling - subtask 7.1 HEP=1.66, dumping - subtask 8.2 HEP=3.16) and manual handling (subtask 2.4 and 3.2 HEP=2.07).