- Abstract viewed - 3223 times
- PDF downloaded - 9381 times
Affiliations
Melinda Dwi Lestari
Jurusan Kimia FMIPA UNNES
Sudarmin Sudarmin
Universitas Negeri Semarang
Harjono Harjono
Universitas Negeri Semarang
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Melinda Dwi Lestari, Sudarmin Sudarmin, Harjono Harjono, Optimasi Ekstraksi Selulosa dari Limbah Pengolahan Agar (Gracilaria verrucosa) sebagai Prekursor Bioetanol , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 6 No 3 (2017)
- Khayatun Nufus, Sri Mursiti, Harjono Harjono, Optimasi Preparasi Prekursor Bioetanol Limbah Mahkota Nanas Menggunakan Enzim Selulase Jamur Tiram , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 6 No 3 (2017)
- Renata Putri Prasetyaningtyas, Supartono Supartono, Harjono Harjono, Identifikasi Senyawa Aktif dan Uji Antibakteri Hand Sanitizer Spray Daun Jambu Mete , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 6 No 3 (2017)
- Dwi Andrianie, Sudarmin Sudarmin, Sri Wardani, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKS BERBASIS REPRESENTASI KIMIA UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI REDOKS , Chemistry in Education: Vol 7 No 2 (2018): Terbit bulan Oktober 2018
- Sidik Muharom, Sudarmin Sudarmin, Nanik Wijayati, Sintesis Natrium Lignosulfonat Berbasis Lignin Pelepah Salak Pondoh (Salacca zalacca (Gaertner) Voss) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 3 (2018)
- Indri Rakhmawati, Cepi Kurniawan, Harjono Harjono, Pengaruh Konsentrasi Metilenbisakrilamida dalam Sintesis Komposit Poli(Asam Akrilat)-Kaolin dan Pengujiannya sebagai Superabsorben , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Arif Wildayanto, Sudarmin Sudarmin, Sunyoto Eko Nugroho, Analysis of Science Literation and Scientific Attitude at Temperature and Calor , Journal of Innovative Science Education: Vol 9 No 2 (2020): August 2020
- Indah Beti Lestari, Sudarmin Sudarmin, Ellianawati Ellianawati, Analysis of Students' Needs and Responses on The Development of Ethnoscience Integrated Vlog , Unnes Science Education Journal: Vol 10 No 2 (2021): July 2021
- Deluna Hayang Faista, Woro Sumarni, Sudarmin Sudarmin, Harjito Harjito, Pengembangan Modul Kimia Bermuatan Etnosains Pada Budaya Jamu Tradisional Terhadap Literasi Kimia Siswa , Chemistry in Education: Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
- Fina Ayu Lestari, Sigit Priatmoko, Endang Susilaningsih, Harjono Harjono, Pengembangan Instrumen Three Tier Diagnostic Test Berbasis Multirepresentasi untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Asam Basa , Chemistry in Education: Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
Pengembangan Instrumen Three Tier Diagnostic Test Berbasis Multirepresentasi untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Asam Basa
Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023
Submitted: May 25, 2023
Published: Jan 23, 2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen three tier diagnostic test berbasis multirepresentasi untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa yang dianalisis menggunakan model Rasch. Penelitian dilakukan menggunakan desain 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan meliputi tahap: define, design, development, dan disseminate, namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Hasil validasi ahli menunjukkan instrumen tes masuk dalam kategori sangat valid dengan ratarata skor 111,3 dari total skor 120. Hasil analisis reliabilitas menggunakan model Rasch menunjukkan bahwa reliabilitas instrumen belum cukup baik. Hasil analisis miskonsepsi secara klasikal menunjukkan sebanyak 47% siswa paham konsep, 16% siswa mengalami miskonsepsi positif, 12% siswa mengalami miskonsepsi negatif, 15% siswa mengalami miskonsepsi utuh, 4% siswa kurang paham, 1% siswa kurang yakin, dan 5% siswa tidak paham konsep. Siswa secara umum memberikan respon positif terhadap instrumen tes dibuktikan dengan angket. Persentase siswa yang memberikan respon setuju dan sangat setuju yakni sebanyak 45% dan 21% pada uji skala kecil, 63% dan 14% pada uji skala besar, serta 62% dan 14% pada uji implementasi.