- Abstract viewed - 3203 times
- PDF downloaded - 10982 times
Affiliations
Alfian Maulana
Jurusan Kimia FMIPA Unnes
Supartono Supartono
Affiliation not stated
Sri Mursiti
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Nanik Wijayati, Anggy Rinela Sulistya Rini, Supartono Supartono, Hand Sanitizer with Pineapple Peel Extract as Antibacterial against Staphylococcus aureus and Escherichia coli , Proceeding of ICMSE: Vol 3 No 1 (2016): ICMSE : Contribution of Mathematics and Science Research for Sustainable Life in Facing Global Challenge
- Tasqia Tunnisa, Sri Mursiti, Jumaeri Jumaeri, Isolasi Flavonoid Kulit Buah Durian dan Uji Aktivitasnya sebagai Antirayap Coptotermes sp. , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 1 (2018)
- Amanah Galih Asih, . Sudarmin, Sri Mursiti, KEEFEKTIFAN VIDEO PEMBELAJARAN ETNOSAINS DALAM MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA , Chemistry in Education: Vol 7 No 2 (2018): Terbit bulan Oktober 2018
- Muhammad Afif, Nanik Wijayati, Sri Mursiti, Pembuatan dan Karakterisasi Bioplastik dari Pati Biji Alpukat-Kitosan dengan Plasticizer Sorbitol , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 2 (2018)
- Siti Handayani, Sri Mursiti, Nanik Wijayati, Uji Aktivitas Antibakteri Senyawa Flavonoid dari Rimpang Temu Kunci (Kaempferia pandurata Roxb.) terhadap Streptococcus mutans , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 2 (2018)
- Kiki Feliana, Sri Mursiti, Harjono Harjono, Isolasi dan Elusidasi Senyawa Flavonoid dari Biji Alpukat (Persea americana Mill.) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 7 No 2 (2018)
- Apriza Marfina, Edy Cahyono, Sri Mursiti, Harjono Harjono, Sintesis Nanopartikel Emas dengan Bioreduktor Minyak Atsiri Kayu Manis (Cinnamomum Burmannii) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 8 No 2 (2019)
- Nur Halimah, Supartono Supartono, Harjito Harjito, DESAIN PANDUAN PEMBELAJARAN DISCOVERY MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA UNTUK GURU KIMIA SMA/MA , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
- Nisa Fathin Muslimah, Sri Susilogati Sumarti, Sri Mursiti, Kasmui Kasmui, Desain Booklet Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Minat Belajar , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
- Khalimatus Sya'diyah, Sri Wardani, Woro Sumarni, Sri Mursiti, Pengembangan LKPD Berbasis Problem Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Interpersonal , Chemistry in Education: Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Pengembangan LKPD Berbasis Problem Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Interpersonal
Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023
Submitted: Aug 23, 2022
Published: Apr 28, 2023
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains pada materi Reaksi Redoks untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan interpersonal. Pengembangan LKPD menggunakan metode 3-D yaitu Define, Design, dan Develop. Subjek pada penelitian yaitu peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Suranenggala Cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, observasi kecerdasan interpersonal, angket keterbacaan danĀ respon peserta didik. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu kelayakan dan keefektifan, serta hasil keterbacaan dan respon peserta didik. Hasil validasi rata-rata LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains memperoleh nilai persentase sebesar 85% termasuk kriteria baik. Keterbacaan LKPD pada skala kecil dihasilkan nilai persentase sebesar 86% termasuk kriteria sangat baik dan angket tanggapan peserta didik terhadap LKPD skala besar dihasilkan nilai persentase sebesar 86% termasuk kriteria sangat baik. LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains dapat meningkatkan kemampuan kognitif melalui hasil belajar dengan pretest-postest memperoleh N-Gain sebesar 0,59 termasuk kategori sedang. Kecerdasan interpersonal meningkat pada kegiatan diskusi dan praktikum dihasilkan nilai persentase 84,93% termasuk kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD berbasis problem terintegrasi etnosains yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan interpersonal.