- Abstract viewed - 357 times
- PDF downloaded - 559 times
Affiliations
Faizal Bintang Febriawan
Affiliation not stated
Supartono Supartono
Affiliation not stated
Ersanghono Kusumo
Affiliation not stated
How to Cite
Most read articles by the same author(s)
- Ishri Arju Syafangah, Kumar Pujiati, Harjito Harjito, Ersanghono Kusumo, PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA , Chemistry in Education: Vol 4 No 2 (2015): Terbit bulan Oktober 2015
- Stephanie Mutiara, Ersanghono Kusumo, Supartono Supartono, IDENTIFIKASI BETASIANIN DAN UJI ANTIOKSIDAN EKSTRAK BUAH BIT MERAH (Beta vulgaris L) , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 5 No 3 (2016)
- Triya Ruliyanti, Supartono Supartono, Nanik Wijayanti, chemoentrepreneurship,soft skill Keefektifan Pendekatan Chemoentrepreneurship Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Soft Skill Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan , Chemistry in Education: Vol 7 No 2 (2018): Terbit bulan Oktober 2018
- Alfian Maulana, Supartono Supartono, Sri Mursiti, Bioremediasi Logam Pb pada Limbah Tekstil dengan Staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis , Indonesian Journal of Chemical Science: Vol 6 No 3 (2017)
- Ni'matul Khasanah, Ersanghono Kusumo, Jumaeri Jumaeri, Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Larutan Penyangga (Buffer) Kelas XI SMA , Chemistry in Education: Vol 7 No 2 (2018): Terbit bulan Oktober 2018
- Nanik Wijayati, Anggy Rinela Sulistya Rini, Supartono Supartono, Hand Sanitizer with Pineapple Peel Extract as Antibacterial against Staphylococcus aureus and Escherichia coli , Proceeding of ICMSE: Vol 3 No 1 (2016): ICMSE : Contribution of Mathematics and Science Research for Sustainable Life in Facing Global Challenge
- Nur Halimah, Supartono Supartono, Harjito Harjito, DESAIN PANDUAN PEMBELAJARAN DISCOVERY MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA UNTUK GURU KIMIA SMA/MA , Chemistry in Education: Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
DESAIN PANDUAN PEMBELAJARAN DISCOVERY MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA UNTUK GURU KIMIA SMA/MA
Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020
Submitted: Oct 23, 2020
Published: Oct 23, 2020
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menghasilkan panduan pembelajaran discovery materi hukum-hukum dasar kimia yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development dengan model pengembangan 4-D menurut Thiagarajan & Semmel, yang kemudian dimodifikasi menjadi 3-D karena penelitian sebatas prototype. Tahap-tahap penelitian meliputi tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Metode untuk mengumpulkan data berupa wawancara, validasi, angket, dan observasi. Wawancara dilakukan dengan guru untuk mendapatkan permasalahan. Validasi untuk menganilsis kelayakan oleh ahli materi dan media. Angket diberikan kepada guru sebagai respon dari profesional. Observasi dilakukan untuk menilai aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan bahwa panduan pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dengan rerata skor aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan masing-masing sebesar 3,36, 3,33, 3,28 dan 3,55. Hasil tanggapan guru menunjukkan skor 33,5 dengan kriteria sangat terbantu. Secara keseluruhan, panduan pembelajaran discovery materi hukum-hukum dasar kimia untuk guru kimia SMA/MA layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.