Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan media flash flip book berbasis guided discovery yang layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kimia siswa SMA. Metode penelitian menggunakan three-D model yang meliputi pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA di SMA Islam Sudirman Ambarawa. Desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Data penelitian dianalisis secara deskriptif persentase. Penilaian tingkat kelayakan media didasarkan pada penilaian Badan Standar Nasional Pendidikan yang telah disesuaikan. Uji efektifitas mengunakan gain ternormalisasi serta persentase ketuntasan belajar klasikal. Instrumen penelitian menggunakan soal-soal yang mengandung indikator pemecahan masalah. Hasil uji kelayakan media yang meliputi aspek kelayakan isi, penyajian, kegrafikan dan bahasa berturut-turut adalah 95,31%; 94,08%; 94,79% dan 93,79% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji gain ternormalisasi dan persentase ketuntasan belajar klasikal menunjukkan kriteria sedang dan tuntas dengan nilai 0,66 dan 96,67%. Tanggapan siswa dan guru sangat baik dengan persentase mencapai 96,75 % dan 95%. Hasil penelitian ini menunjukkan media flash flip book berbasis guided discovery yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kimia siswa SMA.