Keterlaksanaan Permainan Sederhana dan Tradisional dalam Pembelajaran Penjasorkes
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan permainan sederhana dan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes Sekolah Dasar di Kecamatan Andong. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis survei. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan permainan sederhana dan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes Sekolah Dasar di Kecamatan Andong pada permainan sederhana jawaban Ya dengan persentase 86,67% dan menjawab Tidak persentase 13,33%. Permainan tradisional yang menjawab Ya dengan persentase 61,78% dan menjawab Tidak persentase 38,22%. Secara keseluruhan jawaban Ya dengan persentase sebesar 68.89% dan tidak dengan presentase sebesar 31,11%. Simpulan penelitian ini adalah keterlaksanaan permainan sederhana dan tradisional dalam pembelajaran penjasorkes Sekolah Dasar di Kecamatan Andong cukup baik.
This research aims to know about implementation of simple and traditional games in the physical education of elementary school in Andong Sub-district. This research used survey method with survey design. The research sample was taken by using a total sampling. Data collection used documentation and questionnaire. The result of this research showed that implementation of simple and traditional games in physical education of elementary school in Andong Sub-district of simple game get percentages 86,67% and doing not with percentages 13,33%. While implementation of traditional game percentages 61,78% and doing not with percentages 38,22%. Of the both, percentages of answer “YES†amounts 69,89% and answer “NO†amounts 31,11%. The conclution of this research is implementation of simple and traditional games in the physical education of elementary school in Andong Sub-district enough good.