Agustin, R., & Anita, N. (2016). Pengaruh Modifikasi Permainan Menendang Bola Terhadap Koordinasi Gerak Manipulatif Anak Tunagrahita Ringan Siswa Smplb-C Alpha Kumara Wardhana II Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 40-44.
Ali, M. (1993). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Astuti, Y., & Mardius, A. (2017). Pengembangan Permainan Kolaboratif Dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Sekolah Dasar Untuk Optimalisasi Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 79-86.
Detama, F. (2018). Keaktifan Siswa Tunagrahita Ringan Kelas Atas Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif di SLB N I Pembina Yogyakarta. Skripsi. Program Sarjana Universitas Yogyakarta.
Firmansyah, H. (2018). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 30-33.
Indrawati, T. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1387-1396.
Intani, A. D. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Motorik Berbasis Permainan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Anak Tunagrahita. Motion, 73-88.
Kemis, & Rosnawati, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Bandung: Luxima Metro Media.
Listyowati. (2012). Hubungan Antara Kebutuhan Aktualisasi Diri dan Dukungan Sosial Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XII SMAN 2 Klaten. Jurnal Psikologi, 50-62.
Louk, M. J., & Sukoco, P. (2016). Pengembangan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan motorik kasar pada anak tunagrahita ringan. Jurnal Keolahragaan, 24-33.
Majid, M. I., Rahardjo, H. P., & Setiawan, I. (2012). Survei Keaktifan Anak Tunagrahita Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SDLB Jepara Tahun 2012. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 50-62.
Manalu, W. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Lari Cepat. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 53-60.
Martinus, & Kusumawati, S. A. (2020). Pelaksanaan Permainan Gerak Dasar Manipulatif Pada Anak Tunagrahita di SDLB C Kota Palembang. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 117-121.
Maslow, A. (2010). Motivation and Personality. Jakarta: Rajawali.
Mulyana, N. (2017). Hubungan Gaya Kepemimpinan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Penjas Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Olahraga, 41-47.
Pangestuti, W., & Raharjo, A. (2017). Survei Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Aktivitas Permainan Tradisional (Tunagrahita). Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 1.
Prawati, R., & Syam T, A. R. (2015). Pengaruh Olahraga Permainan Rekreatif Dalam Meningkatkan Gerak Dasar Manipulatif (Menendang) Siswa Tunagrahita Ringan (Studi pada Siswa Kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar Alpa Kumara Wardana II Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 406-409.
Priyanto, S. E. (2014). Motivasi Guru Terhadap Pembelajaran Anak Tunagrahita Mampu Didik di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi. Program Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Setyaningrum, L. (2018). Hubungan Antara Resiliensi dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Orang Tua yang Memiliki Anak Disabilitas Intelektual di SLB C dan C1 Yakut Purwokerto. Skripsi. Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Taigan, B. (2016). Pendidikan Jasmani Adaptif. Bandung: UPI Press.