Arlina. (2019). Permendikbud No. 37 Tahun 2018 - Perubahan KI KD K13 Pdf & Word. https://www.ayomadrasah.id/2019/07/permendikbud-37-tahun-2018-KI-KD-K13.html
Afrinaldi, R. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Olahraga Renang di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Padang. Jurnal Ilmiah FKIP, 3(2).
Eich, P. (2013). CrossFit Kids as a Physical-Education Curriculum: A Pedagogical Perspective. The Crossfit Journal, 1–12.
Gustiawati, R., Fahrudin, & Syafei, M. M. (2014). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 33–40.
Hamsa, M. (2015). Survey Minat Siswa Kelas VII dan VIII di SMPN 1 Bangil dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Renang. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 03(03), 783–788.
Hendri, E. (2010). Guru Berkualitas: Profesional dan Cerdas Emosi. Jurnal Saung Guru, 1(2), 1–11.
Hermuningsih, S., & Wardani, K. (2016). Persepsi Mahasiswa Terhadap Metode Simulasi Online Trading Di Bursa Efek Indonesia Di Fakultas Ekonomi Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 199–207.
Klarowicz, A., Zatoñ, K., & Albiñski, P. (2008). Differences in Conscious Reception of Stimuli from Water Environment in School Children. 16–22.
Kucia-czyszczoñ, K., & Dybiñska, E. (2008). Co-ordination Abilities and Sports Result of 11 – 12-year-old Swimmers. 69–78.
Kusuma, K. C. A. (2016). Peningkatan Kinerja Guru Penjasorkes Dalam Membelajarkan Siswa SMP Di Kota Singaraja. Jurnal Kejaora, 1(1), 1–7.
Lexy J. Moleong, D. M. A. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT. Remaja Rosda Karya. https://doi.org/10.1016/j.carbpol.2013.02 .055
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(33), 145–151.
Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438.
Nugraha, N. (2015). Hubungan Persepsi, Sikap Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Universitas Jambi. Jurnal Cerdas Sifa, 1(1), 37–39.
Pelana, R. (2017). Persepsi Atlet Terhadap Sdm Pplm Tentang Prestasi Atlet. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 7(2), 765.
Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40.
Redawati. (2017). Sport Science: Jurnal Sain Olahraga Dan Pendidikan Jasmani, 10–18.Robins, P. Stephen. (1997). Organizational Behavior: Concepts, Controversies, Applications. Prentice Hall.
Rudi S, D. (2013). Persepsi Mahasiswa Terhadap UPT. Perpustakaan Universitas Tanjungpura. Jurnal Tesis PMIS-UNTAN-PSS-2013, 1–12.
Robins, P. Stephen. (1997). Organizational Behavior: Concepts, Controversies, Applications. Prentice Hall
Stallman, R. K., Junge, M., & Blixt, T. (2008). The Teaching of Swimming Based on a Model Derived from the Causes of Drowning. International Journal of Aquatic Research and Education, 2(4).
Sunu, R. C. R. (2015). Model Pengembangan Lompat Warna Dalam Pembelajaran Penjasorkes Untuk Meningkatkan Motivasi Gerak Siswa Tunarungu Wicara Di Sdlb Abc†Swadaya†Kendal. Active: Journal Of Physical Education, Sport, Health And Recreation, 4(4).
Wahyudi, U. (2015). Pembelajaran renang dengan pendekatan bermain terhadap keterampilan mengapung. Jurnal Pendidikan Jasmani, 25(5), 105–113.
Yulinar, & Suryani. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Olahraga Renang Dari Segi Syari’at Islam di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 2(1), 51–62.