Pembinaan Prestasi Sekolah Sepakbola Bhaladika di Kota Semarang Tahun 2020
FIK UNNES
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembiaan prestasi, program latihan, organisasi, peran pelatih, kondisi atlet, kondisi sarana prasana dan pendanaan di SSB Bhaladika Semarang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa, Pembinaan prestasi yang dilakukan sekolah sepakbola (SSB) Bhaladika Semarang berjalan dengan baik dan sudah sesuai dengan perencanaan tahap pembinaan prestasi. Organisasi SSB Bhaladika sudah berjalan dengan baik dan sudah sesuai fungsi dari masing – masing pengurus. Program latihan yang dimiliki SSB Bhaladika direncanakan dengan baik dan di sesuiakan berdasarkan usia pemain. Atlet di SSB Bhaladika cukup berpretasi dan mempunyai motivasi tinggi dalam mengikuti pembinaan latihan. Pelatih di SSB Bhaladika mempunyai motivasi yang baik untuk melatih dan mempunyai program Latihan yang sesuai. Sarana dan prasarana di SSB Bhaladika sudah cukup memadai untuk proses latihan pembinaan. Pendanaan di SSB Bhaladika diperoleh dari uang pendaftaran siswa dan iuran bulanan siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan pembinaan lrestasi SSB Bhaladika sudah berjalan dengan baik dengan dilihat dari aspek pemassalan, pembibitan, prestasi, organisasi, program latihan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta pendanaan. Saran untuk penelitian yaitu pembinaan prestasi dapat dilakukan secara kontinue dan berkesinambungan.