Abstract

Menurut, Speed ​​and Thompson, ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan perusahaan dalam mensponsori event olahraga yaitu diantaranya status acara, ketertarikan perusahaan pada event, kesesuaian event dengan produk atau merek perusahaan, sikap panitia penyelenggara terhadap perusahaan. Melihat dari berbagai factor yang ada, belum diketahui secara jelas faktor mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan perusahaan untuk mensponsori event olahraga. Oleh karena itu, perlu adanya diskusi lebih lanjut agar dapat diketahui factor yang paling mempengaruhi perusahaan dalam mensponsori event olahraga agar dapat menjadi masukan bagi penyelenggara event olahraga ketika akan mengajukan permohonan sponsor kepada perusahaan. Penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode suvei ini memiliki populasi yaitu direktur, bagian administrasi keuangan, pemasaran, dan karyawan pada perusahaan yang pernah mensponsori event olahraga dan dari seluruh perusahaan di Kota Semarang yang pernah mensponsori event olahraga, hanya ada 10 perusahaan yang bersedia menjadi subjek penelitian. Mereka diberikan kuesioner berupa modifikasi skala likert 4 poin dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda yang kemudian ditemukan bahwa status event berpengaruh paling signifikan dengan tingkat persentasenya sebesar 36,8%.