Abstract

Abstrak


Pembelajaran PJOK merupakan pembelajaran yang melibatkan aktivitas fisik, diharapkan dapat mempelajari tentang pengendalian fisik, mental, dan sosial. Pembelajaran PJOK di masa pandemi COVID-19 membuahkan kelebihan dan kekurangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PJOK secara online/daring pada masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 1 Batang tahun 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan keadaan sebenarnya tentang proses pelaksanaan pembelajaran online/daring PJOK di masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 1 Batang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek yang diteliti adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran PJOK pada masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 1 Batang tahun 2020/2021. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran online/daring di SMP Negeri 1 Batang dilaksanakan sesuai dengan prosedur pembelajaran daring/online, dan tentu menimbulkan pengaruh positif dan negatif. Pengaruh yang bersifat negatif lebih banyak terlihat, khususnya dari sisi para peserta didik. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran PJOK secara daring di SMP Negeri 1 Batang yang tidak berjalan dengan efektif, dikarenakan lebih banyak pengaruh negatif yang muncul daripada pengaruh positif.


Abstract


Physical Education is learning that involves physical activity, to learn about physical, mental, and social. Physical Education learning during the COVID-19 pandemic has advantages and disadvantages. This study was conducted to determine the implementation of online Physical Education learning during the COVID-19 pandemic at SMP Negeri 1 Batang in 2020/2021. The purpose is to explain the actual situation regarding the process of implementing Physical Education learning during the COVID-19 pandemic at SMP Negeri 1 Batang. This research  typeis descriptive research with a qualitative approach. The object is how the implementation of Physical Education learning during the COVID-19 pandemic at SMP Negeri 1 Batang in 2020/2021. The data sources are primary and secondary. The methods are observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques are data reduction, presentation, and verification. The results of this study indicate that the implementation of online learning at SMP Negeri 1 Batang is carried out in accordance with online learning procedures, and of course it has positive and negative effects. Negative effects are more visible from the side of the students. The conclusion is online learning of Physical Education at SMP Negeri 1 Batang does not run effectively, because of more negative effects than positive one.