Arifah. W., Setiyani. R., Arief. S. (2018) Pengaruh Prokrastinasi, Tekanan Akademik, Religiulitas, Locus of Control Terhadap Perilaku Ketidakjujuran Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntasi Unnes. Jurnal Ekonomi Pendidikan Analisis. 7(1), 106-119. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eea j
Arifin, R. (2018). Survei Minat Dan Motivasi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Penjas Siswa SMA Swasta Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Jurnal Penjas. 28(2), 92- 100
Arifin, Z. (2011) Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto. (2004) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Basar, A.M. (2021) Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri - Cikarang Barat - Bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2(1): 208-218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif. Jakarta. Kencana Media Group
Chawinga, W.D. & Zozie, P. (2016) Information needs and barriers to information sources by open and distance learners: A case of Mzuzu University, Malawi. South African Journal of Information Management. 18(1), a692. http://dx.doi.org/10.4102/sajim.v18i1.692
Ciroma. Z. I. (2014) Learning Barriers: Challenges and Concerns. Academic Journal of Interdisciplinary Studies. 3(7). Doi:10.5901/ ajis.2014.v3n7p142
Coulter, M., Chroinin, N. D. (2011) What is PE?. Journal Sport Education and Society. 18(6),1- 17. doi:10.1080/13573322.2011.613924
Danim, Sudarwan (2012). Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Darmadi, H. (2015) Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi. (13)2, 161-174
Depdiknas (2003) Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depdiknas (2005) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Depdiknas (2006) Permen Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta : Depdiknas.
Dewi, W. A. F. (2020) Dampak Covid 19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif. Jurnal Pendidikan. 2(1), 56-62. DOI: https: //doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Dewi. S. N. K. N., Astawan. G. I., Margunayasa. G. I. (2020) Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha. 8(2), pp 294-302. DOI: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJ PGSD
Fikri, M., Ananda, M. Z., Faizah, N., dkk. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. 9(1), 145-148.
Hamalik, Oemar. (2010) Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.
Hamdani (2011) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hamid, Hamdani (2012). Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Handayani. L. (2020) Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid- 19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR). 1(2), 15-23. DOI : https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2
Hasan, H (2009) Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Herlina. Suherman. M. (2020) Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Sekolah Dasar. Jurnal Sport Sciences And Physical Education. 8(1), 1-7. DOI: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/P JKR/index
Hermino, Agustinus (2014). Kepemimpinan Pendidikan Di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hutauruk. A., Sidabutar. R. (2020) Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Jurnal of Mathematics Education and Applied. 2(1), 45-50.
Isna Ni’matus Sholihah, & Titin Handayani. (2020). Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Bimbingan Klasikal Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 50-58. https://doi.org/10.1234/pdabkin.v1i2.84
Jahja, Yudrik (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Media Group.
Jayul. A., Irwanto. E (2020) Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi. 6(2), 190-199. DOI: 10.5281/zenodo.3892262
Khasanah. N. (2012) Evaluasi Pelaksanaan Program Rintisan PPJJ (Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh) IAIN Walisongo Menuju Pembelajaran Online (Kerjasama DBE 2 USAID dengan IAIN Walisongo Semarang). Jurnal Phenomenon. 2(1), 29-48
Kurniati. A. (2017) Kesesuaian Buku Tematik Kelas I SD/MI Tema Peristiwa Alam Terbitan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Dengan Peraturan Menteri Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Jurnal FKIP Universitas Jambi. 1-15
Kurniawan. B., Wiharna. Ono., Permana. T. (2017) Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomatif. Jurnal of Mechanical Engineering Education. 4(2), 156-162.raml
Latip, A. (2020) Peran Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran. 1(2), 107-115.DOI: https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956
Magdalena. I., Yuliani. T., Kurniawan. I., Arief. K. (2020) Kendala Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring Pada Guru Sekolah Dasar di SDI Al Fattah. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(3), 298-306. DOI: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Mardiana. A., Purwadi., Satya., W.I. (2012) Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Moleong, Lexy J. (2007) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mundiri. A. (2016) Strategi Lembaga Pendidikan Islam Dalam Membangun Branding Image. Jurnal Pendidikan. 3(2), 58-72.
Nahar. I. N., (2016) Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. (1). 64-74.
Napitupulu. M. R. (2020) Dampak Pandemi Covid -19 Terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 7(1), 23-33. DOI: http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp
Nasution, Saddat (2003). Metodologi Research. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Nindiati, D. S. (2020) Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh Yang Memandirikan Siswa Dan Implikasinya Pada Pelayanan Pendidikan. JOEAI (Journal of Education and Instruction) 3(1), 14-20. DOI: https://doi.org/10.31539/joeai.v3i1.1243
Oktiani, I. (2017) Kreativitas Guru Dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. 5(2), 216-232. DOI: https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939
Permendikbud (2016) Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.
Prawiyogi. G. A., Purwanugraha. A., Fakhry. G., Firmansyah. M. (2020) Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar. 94-101. DOI: doi.org/10.21009/JPD.011.10
Puspitarini, D. Y., Hanif, M. (2019) Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education. 4(2), 53-60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Rahmadani. W., Harahap. F., Gultom. T., (2017) Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi di SMA Negeri Se-Kota Medan. Jurnal Pendidikan Biologi. 6(2). 279-285.
Redhiana. D. (2014) Pengembangan Kurikulum Pada Aspek Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Yang Berbasis Lingkungan Hidup Melalui Pendekatan Saintifik Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Dinamika. 6(2), 215-234.
Saefulmilah. I. M., Saway. M. H. M. (2020) Hambatan-Hambatan Pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMA Riyadhul Jannah Jalancagak Subang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(3), 393-404. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusan tara
Salsabila. H. U., Sari. I. L., Lathif. H. K., Lestari. P. A., Ayuning. A. (2020) Peran Teknologi Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan. 17(2), 188-198. DOI: 10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Sanjaya, W (2008) Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sari. K. M. (2020) Sosialisasi tentang Pencegahan Covid-19 di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abdi. 4(1), 80-83.
Septantiningtyas, N. (2018). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2),131–135. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.714
Sudharto, Suyati, T., Suharno, A., Kusdaryani, W., Ysh Soegeng. Y.A. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: IKIP PGRI SEMARANG PRESS.
Sudijono, Anas (2003) Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2009) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2014) Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna. (2012) SPSS untuk Paramedis. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Sukirman. Sari. P. M. (2012) Peran Internal Audit Dalam Upaya Mewudjudkan Good University Governance di Unnes. Jurnal Dinamika Akuntasi. 4(1), pp. 64-71. http://journal.unnes.ac.id/index.php/jda
Sukmadinata, N., S. (2016) Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sulistyo. M. E. (2012) Jenis-Jenis Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Untuk Para Pengusaha. Jurnal Telematika. 9(1), 31-34.
Sunaengsih. C. (2016) Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar. 3(2), 183-190. DOI: 10.17509/mimbar-sd.v3i2.4259
Suryabrata, S (2002) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Sutopo H.B. (2006) Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.
Syafi’i. A., Marfiyanto. T., Rodiyah. K. S. (2018) Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam berbagai Aspek dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2), 115-123.
Tafanao. T. (2018) Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2), 103-114.
Taradisa. N., Jarmita. N., Emalfida (2020) Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 5 Banda Aceh. Jurnal Keilmuaan dan Kependidikan Dasar. 12(2), 1-11. http://dx.doi.org/10.32678/primary.v12i2.35 82
Tastbita. Z., Nur’aeni. E., Nugraha. A. (2020) Analisis Hambatan Belajar (Leaning Obstacle) Siswa Pada Materi Luas Daerah Persegi Panjang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 7(2), 138-147. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidak tika/index
Thaib, M.R., Siswanto, I. (2015) Inovasi Kurikulum Dalam Pengembangan Pendidikan. Jurnal Edukasi, 1(2), 216-228.
Trianto. (2010) Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.
Ulinniam., Hidayat., Barlian, U. C., Iriantara, Y. (2021) Penerapan Kurikulum 2013 Revisi Di Masa Pandemi Pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(1), 118-126.
W. Qiu., S. Rutherford., A. Mao., C. Chu. (2017) The Pandemic and its Impacts. Journal Health, Culture and Society. Vol 9-10. doi 10.5195/hcs.2017.221
Wahjosumidjo. (2005) Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teori dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Winarno, dkk., (2020) Disrupsi Strategi Pembelajaran Olahraga Serta Tantangan Dalam Menghadapi New Normal Selama Masa Pandemi Covid-19. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Wulandari. A., Rahman. F., Pujianti. N. Sari. R. A., dkk. (2020) Hubungan Karakteristik Individu Dengan Pengetahuan Tentang Pencegahan Coronavirus Disease 2019 Pada Masyarakat di Kallimantan Selatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia. 15(1),42-46. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkmi
Yuliawan. D. (2016) Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Sportif. 2(1), 101-112.
Zaini. H. (2015) Karakteristik Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jurnal Idaroh. 1(1), 15 -31.
- Abstract viewed - 52 times
- PDF downloaded - 48 times
HAMBATAN PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH GURU DAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 CIMAHI MATA PELAJARAN PENJAS PADA MASA PANDEMI COVID-19
pengembangan
Vol 2 No 2 (2021): November 2021
Submitted: Aug 14, 2021
Published: Nov 26, 2021
Abstract
In the distance learning physical education subjects, obstacles consist of internal and external factors; these obstacles certainly make the distance learning process of physical education subjects hampered. The purpose of this study was to find out what obstacles were felt by both teachers and students in implementing distance learning programs for physical education subjects during the pandemic Covid-19 at SMA Negeri 1 Cimahi. This research is a mixed-method with an exploratory approach. Data on barriers to implementing distance learning programs for physical education subjects were obtained using online interviews, online observations, and online questionnaires. The sample used in this study consisted of 1 deputy principal, two physical education teachers who teach in class XI, and 379 students simplified by random sampling technique to become 79 students, data analysis using SPSS version 22 software with validity and reliability tests. Barriers that occur in implementing distance learning programs consist of factors such as unstable internet signals, limited internet quotas, lack of understanding of physical education learning movements carried out by students. So based on the results of the study, it can be concluded that the main factors in the barriers to the physical education distance learning process that are felt by both teachers and students of class XI at SMA Negeri 1 Cimahi consist of students' external factors, namely unstable internet signals and limited internet quotas.